Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail

Ayah Bunda mungkin selama ini berpikir bahwa hal yang perlu diajarkan  anak sejak dini adalah Calistung. Biasanya orangtua sudah merasa bangga jika anaknya bisa membaca, menulis dan berhitung. Namun ada 4 kemampuan dasar yang perlu diajarkan pada anak sejak usia dini, yaitu:

  1. Mandiri terhadap keperluan sehari – hari
    Apakah kita sudah mengajarkan anak untuk membereskan mainannya ketempat semula? Sudahkah kita mengajarkan anak menyiapkan sendiri buku pelajaran esok hari? Sudahkah kita mengajarkan anak untuk istinja sendiri dengan bersih?
    Mengajarkan anak untuk mandiri sejak dini, akan membuat anak kita tidak mengandalkan orang lain dan tentu saja tumbuh menjadi pribadi yang bertanggung jawab.
  2. Antri
    Sudahkah kita mendidik anak untuk bisa tertib dalam mengantri? Seperti ketika anak kita sedang mengantri bermain prosotan, berbaris dengan tertib masuk ke dalam kelas, mengumpulkan tugas, mengantri saat membeli makanan, mengantri pada saat naik kereta api, dan mengantri pada saat menunggu giliran. Semua itu mengajarkan anak kita tentang kesabaran dan menghargai hak orang lain.
  3. Buang sampah pada tempatnya
    Sudahkah kita telah mengajari anak membuang sampah pada tempat? Jangan sampai putra-putri kita pandai calistung, tapi kemampuan sederhana membuang sampah pada tampatnya belum diajarkan. Didiklah anak dibiasakan membuang sampah pada tempatnya, kalau tidak menemukan tempat sampah disimpan dulu sampah ditas/disaku (Kalau sampahnya bersih) atau menyiapkan kantong plastik kecil.
    Jangan sampai anak kita termasuk golongan orang – orang yang suka merusak lingkungan. Karena tak mengindahkan kebersihan.
  4. Bercerita
    Sudahkah kita mau mendengarkan setiap cerita anak kita tentang aktivitas yang dilakukan? Dengan kita mau mendengarkan setiap cerita yang anak kita disampaikan, secara tidak langsung kita mengajarkan tentang kenapa Tuhan menciptakan 2 telinga 1 mulut? Karena mengajarkan kita untuk banyak mendengarkan dari pada banyak berbicara.
    Kemampuan bercerita ini sangat penting karena menumbuhkan kepercayaan diri, kreativitas, perasaan dihargai, dan mengajarkan anak untuk berani mengungkapkan pemikirannya.

Bayangkan jika anak tidak diajarkan mandiri terhadap keperluan sehari – sehari sejak dini, jika anak kita tidak diajarkan antri,  jika anak kita tidak diajarkan buang sampah pada tempatnya, jika anak kita tidak diajarkan bercerita, apa yang terjadi terhadap sikap anak kita?

Mari Ayah Bunda kita ajarkan kemampuan dasar ini sejak dini

 

Irfan Setiawan, S.Pd

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail