Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail

Anak adalah anugrah dari Tuhan yang telah dititipkan kepada orang tuanya. Dan kewajiban orang tua memberikan pendidikan dalam hidup anak – anaknya. Rumah sebagai sekolah pertama sangat besar pengaruhnya bagi kehidupan anak – anak nantinya. Oleh karena itu, peran orang tua sangat dibutuhkan dalam memberikan pendidikan bagi anaknya agar menjadi anak yang cerdas, berbudi luhur dan berkepribadian yang baik.

Namun tidak semua orang tua mampu memberikan pendidikan yang baik bagi anaknya. Banyak orang tua yang tidak sadar telah memberikan pendidikan yang salah diantaranya :

  1. Orang tua kurang berdoa

Dalam perjalanan hidup seorang anak, doa orang tua sangat diperlukan. Namun, terkadang orang tua kebanyakan lupa mendoakan anaknya. Mereka merasa apa yang telah mereka berikan kepada anak – anaknya sudah cukup membuat anak bahagia. Keberhasilan seorang anak itu tergantung dari doa dari orang tuanya. Oleh karena itu, marilah kita mendoakan yang baik – baik bagi putra putri kita. Karena doa orang tua lebih cepat dikabulkan oleh Tuhan.

  1. Kurang Pengawasan

Bagi orang tua yang bekerja, waktu yang dimiliki untuk mengawasi anak sangatlah sedikit. Karena mereka menghabiskan waktunya untuk bekerja, pulang malam dan sampai dirumah anak – anaknya sudah terlelap tidur. Jadi untuk pengawasan kegiatan anak – anak banyak diserahkan kepada orang lain. Oleh sebab itu banyak anak yang lebih dekat dengan orang lain ketimbang dengan orang tuanya. Kita juga pasti pernah melihat anak – anak sekolah bermain diluar sekolah pada saat jam sekolah. Dan orang tuanya tidak pernah tau itu karena kurangnya pengawasan dari mereka. Oleh karena itu marilah kita sempatkan waktu kita untuk bisa berbincang – bincang atau sekedar berkumpul untuk mengetahui aktiftas anak – anak disaat kita tidak disamping mereka.

  1. Terlalu banyak nonton TV dan bermain HP

Di zaman sekarang, tv dan smartphone sudah tidak asing lagi dikalangan masyarakat luas. Anak kecilpun kini sudah di bekali dengan smartphone dengan alasan agar mudah berkomunikasi. Padahal untuk saat ini smartphone sangat menganggu bagi perkembangan dan sosialisasi anak – anak. Jika orang tua membekali anak – anaknya dengan benda – benda tersebut, maka mereka akan sibuk dengan  gadgetnya tanpa mau mempedulikan lingkungan sekitar. Apalagi pengaruh dari game yang sering dimainkan oleh anak – anak. Dan bagi orang tua, mereka akan lebih sibuk juga dengan gadgetnya karena uruan bisnis yang harus menggunakan alat tersebut menyebabkan mereka asik dengan dunianya masing – masing.

  1. Membanding – bandingkan ( berat sebelah )

Seorang anak sangat tidak suka jika sudah dibanding – bandingkan dengan yang lain. Mereka akan leblih banyak berontak jika sudah dibandingkan dengan anak yang lain dan mereka akan merasa terkucilkan. Oleh karena itu jika ada seorang anak yang melakukan kesalahan jangan menunjukkan dihadapan yang lain. Karena setiap anak memiliki keunikan tersendiri.

  1. Memberikan kasih sayang yang berlebih

Banyak orang tua tidak menyadari bahwa apa yang mereka lakukan itu salah, seperti membiarkan anak yang melakukan kesalahan tanpa adanya hukuman atau nasehat, menyalahkan anak yang lain dan melindungi anaknya yang melakukan kesalahan. Orang tua yang bijak seharusnya bisa menempatkan keadaaan sesuai tempatnya.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh orang tua dalam mendidik anak. Jadi kita sebagai orang tua harus bisa memilah dan memilih apakah yang kita lakukan itu bisa menjadikan anak lebih baik atau bahkan menjadikan anak menjadi lebih ke arah yang negatif.

Penulis: Dicky Age Tresna

 

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail