Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail

Ayah & bunda pernah mengajak anak berkem ah? Jika belum, alangkah baiknya Ayah & bunda segera mengajak anak untuk berkemah. Meskipun berkemah identik dengan udara dingin dan persiapan yang ribet, namun berkemah nyatanya memiliki berbagai manfaat yang ternyata baik bagi anak, lho.

Berikut ini adalah manfaat mengajak anak berkemah/camping:

  1. Membuat anak menjadi lebih percaya diri

Setiap anak memiliki sifat yang berbeda-beda, ada yang pendiam dan juga ada yang pemberani. Jika kebetulan Ayah & Bunda memiliki anak yang pendiam, cobalah bawa anak untuk camping.

Saat camping, Ayah & Bunda otomatis mengenalkan lingkungan baru kepada anak, dengan begini anak pasti merasa ingin tahu akan lingkungan baru ini. Jika sudah begini, mereka pasti akan bertanya ini dan itu, mungkin juga malah mengajak Ayah & Bunda berkeliling karena ingin mengenal lingkungan yang menurutnya baru. Secara tidak langsung, anak belajar menjadi lebih percaya diri dengan camping.

  1. Ketahanan fisik anak

Anak memiliki ketahanan fisik yang tidak sebaik orang dewasa. Bisa dibilang, anak kecil lebih rentan dengan udara luar. Namun menurut penelitian Thomas Tallman, yang merupakan dokter ahli mengungkapkan bahwa udara dingin/panas tidak akan bikin anak sakit atau terkena flu.

Malahan, anak yang sering diajak untuk camping dan bertemu dengan udara luar akan membuat fisik mereka bekerja dengan maksimal. Sehingga jika anak dibiasakan camping maka ketahanan fisik mereka akan semakin baik.

 

  1. Membuat anak terbiasa jauh dari gadget dan teknologi

Zaman sekarang, setiap orang di bumi ini tak pernah bisa lepas dengan teknologi, mulai dari TV lah, smartphone lah, tap lah! Bahkan anak umur 3 tahun pun sudah dikenalkan gadget oleh orangtuanya. Ayah & Bunda pasti menyedari ini kan?

Coba deh Ayah & Bunda ajak anak untuk sesekali berkemah dan menjauhkan mereka dari teknologi masa kini yang nggak karuan.

Jika Ayah & Bunda membiasakan diri untuk mengajak anak untuk camping dan tinggal jauh dari teknologi, mereka pasti bisa terbiasa hidup tanpa gadget (tidak ketergantungan dengan gadget).

  1. Mengajak anak untuk belajar bersosialisasi dengan orang lain

Kehidupan anak pasti nggak jauh dari bangun tidur, sekolah, les, makan malam, dan tidur, semua kegiatan harian selalu runtut seperti itu. Kadang, hal ini membuat anak berpikir kalau hidup mereka hanyalah untuk melakukan hal-hal itu saja.

Coba deh sesekali ajak anak untuk camping dan bertemu dengan orang-orang baru di luar sana. Dengan bertemu dengan orang baru saat berkemah, mereka akan otomatis belajar mengenal hal baru dan mau nggak mau pasti membuat mereka bersosialisasi dengan orang baru .

  1. Camping akan membiasakan anak bermain dengan alam

Memutuskan untuk camping berarti mengajak anak untuk bertemu langsung dengan alam. Jika sudah begini, anak akan otomatis berkenalan dengan alam. Jika sudah terbiasa, mereka pasti akan interest dengan berbagai hal tentang alam.

Kebanyakan anak yang sering beremu alam biasanya menjadi anak yang sensitif terhadap sesuatu yang berhubungan dengan isu lingkungan. Ayah & Bunda pasti akan merasa bangga jika melihat anak berubah menjadi anak yang peduli dan cinta dengan lingkungan, bukan?

Penulis : Irfan Setiawan, S.Pd

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail