Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail

Kata terimakasih merupakan salah satu kata-kata sopan. Di Indonesia sendiri, yang memiliki banyak adat-istiadat sangat penting mengajari anak sedari dini mengucapkan kata-kata yang sopan nan santun, baik itu terhadap yang lebih tua, lebih muda ataupun teman sebaya.

Mengucapkan terimakasih, walau terdengar nampak sepele atau mudah diucapkan. namun pada faktanya tidak bisa dianggap sebagai perilaku yang nanti akan muncul dengan sendirinya.

Sebagai orangtua, perlu menanamkannya sedari dini agar ucapan yang keluar dari mulut anak tidak serta merta hanya kata-kata atau hasil meniru dari orangtua, tetapi mempunyai makna dan nilai yang ia pedomani, yaitu anak mampu menyadari pentingnya mengucapkan terimakasih ketika mendapat pertolongan baik dari orangtua, kerabat, teman maupun orang lain dan munculnya perasaan bersalah jika lupa mengucapkannya.

Selain itu, bukan hanya membiasakan saja sebagai orangtua pun perlu menjadi teladan bagi anak. ketika orangtua meminta tolong kepada anak, tidak lupa juga mengucapkan terimakasih setelah diberi pertolongan. jadi anak pun paham bahwa orangtua mempunyai nilai yang sama dengannya.

Banyak manfaat yang didapat dari membiasakan ucapan terimakasih, yaitu:

(1) menampilkan perilaku bersyukur

(2) disukai teman-teman didalam lingkungan pergaulannya

(3) mampu berpikir positif

(4) belajar menghargai diri sendiri dan orang lain.

Dengan demikian, pembiasaan dan teladan yang baik dari orangtua terhadap anak dalam mengucapkan terimakasih juga amat penting dalam meningkatkan perilaku-perilaku baik dalam diri anak sehingga menjadi karakteristik si anak.

Penulis : Nurfarida Sari, S.Psi

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail