Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail

image18

Aku Reviano. Umurku 8 tahun.
Aku sudah kelas 3SD. Sekolahku ada di dekat rumah.
Mama dan papaku selalu mengantar aku kesekolah. Sore hari, mereka jemput lagi dan mengantar aku ketempat les. Mereka selalu bersamaku. Mereka kerja dirumah. Oh ya, ruang kerja mereka disamping ruang bermainku. Asikkan.. Aku sayang mama dan papaku. Seandainya mereka….. “

Keberadaan..

Keberadaan memiliki kata dasar “Ada”. “Ada” sering kali sulit dijelaskan terpisah dari hadir atau kehadiran. Cerita Reviano diatas sekilas terkesan menggambarkan kehadiran orangtua penuh waktu yang setia bersama dirinya. Secara umum, setiap anak mengharapkan bisa bersama orangtuanya setiap waktu. Namun apa yang masih menjadi ganjalan Reviano (read: bukan nama sesungguhnya).

“Seandainya mereka bisa meluangkan waktu sore bermain bersamaku. Seandainya mereka bisa menjauh dari laptop dan handphone di hari minggu. Seandainya mereka bisa tertawa bersamaku saat nonton shinchan. Seandainya mereka tidak membawa ipadnya ke meja makan. Dan seandainya mereka menyapaku saat aku bangun tidur. Apakah mereka tau kalau aku…”

Kebersamaan..

Kebersamaan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia di desripsikan sebagai kata sifat berbarengan dan seiring. Kebersamaan yang dalam bahasa Inggris di terjemahkan sebagai togetherness berarti rasa kedekatan atau kasih sayang saat  berada dengan orang lain. Sepertinya kebersamaan lah yang dirindukan Reviano. Mungkin ada salah pemahaman dari arti keberadaan dan kebersamaan.

Layaknya orangtua kebanyakan, orangtua Reviano juga ingin selalu ada dalam setiap tahapan kehidupan Reviano. Diselah-selah pekerjaannya, mama dan papa Reviano sering berdiskusi bersama. Salah satunya saat mereka membahas pekerjaan mereka dan kaitannya dengan keberadaan Reivano.

 

“Syukur ya kita bisa punya usaha sendiri dirumah. Walaupun harus dikerjakan dari pagi sampai malam dan kadang sampai pagi lagi, yang penting kita bisa selalu bertiga. Walaupun terkadang harus bekerja di hari libur, yang penting kita bisa membayar sekolah terbaik dari yang terbaik untuk Vano (Read: Reviano). Apalagi kita bisa beli rumah disini. Kawasan exclusive yang bisa membantu Vano kenal dan berteman dengan anak-anak yang nanti bisa menjadi network yang kuat baginya. Tidak apa-apa sibuk kerja sekarang mumpung Vano masih kecil. Semoga kelak dia paham kita melakukan ini karena…..”

Peran orangtua sungguh komplek. Disatu sisi orangtua diharapkan hadir untuk memfasilitasi perkembangan anak. Disisi lain, orangtua diharapkan memenuhi kebutuhan sandang, pangan, papan, religi, dan rekresional anak. Tidak mudah memang melakukan keduanya. Disaat inilah keberadaan dan kebersamaan dihadapkan dipersimpangan.

Setiap orangtua memiliki dasar atas segala pilihan yang dibuat, baik yang terkait dengan pengasuhan anak, pekerjaan, dan pengaturan pernikahan. Apapun yang menjadi pilihan orangtua, pastikan anda dan anak saling mengetahui bahwa selalu ada cinta dan kasih sayang yang menyatukan.

Reviano : “Sangat menyayangi mama dan papa”
Mama&Papa : “kita sangat menyayangi Vano”

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail