Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail

image20

Sebelum kita menerapkan banyak tehnik intervensi pada anak seringkali kita mendengar kata konsisten. betul sekali, konsisten memang kunci keberhasilan dari berbagai intervensi masalah anak.

Nah, apa sih itu konsisten?
Jika kita mengacu pada ilmu bahasa konsisten adalah tetap atau tidak berubah-ubah serta selaras atau sejalan. Dalam kaitan dengan intervensi yang kita lakukan kepada anak maka konsistensi dapat dimaknai sebagai kemampuan orangtua memegang teguh prinsip pengasuhannya. Jadi kita diharapkan secara terus menerus memberikan treatment yang sama kepada anak, ajeg, dan tidak berubah-ubah. Hal itu perlu dilakukan karena kemampuan anak untuk memahami perkataan dan situasi masih terbatas, sehingga jika kita berubah-ubah maka anak akan bingung dan perilaku yang kita harapkan akan semakin lama terbentuk.

Bagi anak yang dirawat oleh orang lain dalam hal ini nenek atau pengasuh, tugas orangtua pun menjadi lebih lebar karena semua yg berinteraksi dengan anak harus dapat diharapkan dan diyakinkan untuk menampilkan respon yang sama terhadap perilaku yang hendak dibentuk orangtua pada anak.

Selamat mencoba ya para orangtua.

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail