Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail

2319166orangtua-dan-anak1780x390Kedisiplinan merupakan salah satu hal yang diharapkan orangtua kepada anaknya, namun seperti apa cara orangtua mengajarkan disiplin pada anak? Apakah orangtua sudah terbiasa buang sampah di tempat sampah ketika orangtua meminta anak membuang sampah di tempat sampah? Apakah orangtua sholat/beribadah tepat waktu, sama seperti yang ada perintahkan ke anak?

Orangtua adalah role model utama bagi anak. Meminta anak untuk disiplin melakukan beberapa hal namun yang menjadi role modelnya tidak melakukannya, akan membuat anak merasa bingung dan tidak menumbuhkan rasa kepercayaan kepada orangtuanya. Lalu bagaimana cara agar dapat mendisiplinkan anak? Berikut beberapa tips untuk mengajarkan disiplin pada si kecil:

  1. Menyesuaikan bentuk peraturan dengan usia anak
  2. Tetapkan konsistensi dengan peraturan yang orangtua buat
  3. Menerapkan perjanjian bersama anak
  4. Orangtua pun mesti mendisiplinkan diri
  5. Memberikan pujian atau hadiah sebagai reward dan konsekuensi atas kesalahan anak
  6. Memberikan aturan yang jelas dan mudah dipahami anak
  7. Memberikan penjelasan tentang manfaat sikap disiplin

Namun hal penting yang perlu orangtua ingat, bahwa dalam mengajarkan anak disiplin orangtua harus selalu sabar dan pelan-pelan dalam mengajari buah hati. Jangan mengajak anak untuk berdebat jika anak mengabaikan atau melanggar soal disiplin, karena hal tersebut akan memadamkan semangat anak untuk mendisiplinkan dirinya.

Selamat mencoba parents, dan happy parenting!

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail