Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail

Ayah bunda mungkin sudah tahu, bahwa olahraga sangat penting untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan seseorang baik secara fisik maupun psikis. Bukan hanya itu, namun olahraga juga bisa dijadikan sebagai suatu hiburan. Untuk di Indonesia sendiri, olahraga yang paling sering dilakukan adalah Lari, Berenang, dan Sepak bola atau Futsal. Akan tetapi ada juga loh olahraga yang mungkin tidak banyak kita jumpai di Negara ini, yaitu olahraga memanah. Nah, disini kita akan mengetahui manfaat dari olahraga memanah.

Pada awalnya memanah adalah sebuah cara yang digunakan untuk mempertahankan hidup. Memanah itu sendiri sebenarnya sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Dalam olahraga memanah ini terdiri dari 2 bagian senjata, yaitu busur dan anak panahnya. Orang-orang zaman dahulu sudah menggunakan senjata ini untuk berbagai kepentingan, seperti berburu, berperang, atau hanya untuk membangun tempat berteduh. Sampai saat ini, sebenarnya masih cukup banyak suku-suku di belahan dunia yang menggunakan senjata ini. Lebih tepatnya hanya beberapa suku saja yang masih menggunakan senjata panah ini, seperti suku-suku di daerah pedalaman sungai Amazon, suku Dayak di Kalimantan Tengah, suku Irian di Irian Jaya, suku Negro di Afrika, suku Veda di pedalaman Srilangka, dan suku Kubu di Sumatera.

Setelah kita kenali sedikit sejarah tentang olahraga memanah ini, yuuuk sekarang kita belajar mengenal apa saja sih manfaatnya khususnya untuk ananda yang mungkin banyak diantaranya masih dalam masa pertumbuhan.

  • Meningkatkan keseimbangan

Buat yang punya masalah dengan keseimbangan dan kensinkronan, bisa coba memanah. Karena olahraga memanah melatih koordinasi kekuatan otot dan otak. Cerebellum yang ada di bagian belakang otak akan mengirim sinyal pada otot untuk menjaga kondisi tubuh supaya seimbang. Saat melepaskan anak panah juga melatih kita untuk bisa mengontrol tubuh dengan baik.

  • Melatih daya fokus atau konsentrasi

Olahraga panahan ini memang bagus untuk melatih daya fokus atau konsentrasi seseorang, sehingga tidak heran orang yang memiliki atau orang yang sering melakukan olahraga panahan ini memiliki daya fokus atau konsentrasi yang lebih baik ketimbang mereka yang tidak pernah melakukan olahraga.

  • Melatih kesabaran

Melatih kesabaran juga, karena proses step by step nya perlu latihan yang berulang-ulang dan konsisten. Tidak hanya itu, kita juga tidak bisa asal cepat meraih target, tetapi yang lebih penting adalah mencapai target dengan presisi.

  • Melenturkan Otot-otot tangan

Melakukan olahraga panahan juga dapat digunakan untuk melenturkan otot otot tangan, sebab jika anda melakukan olahraga panah hal ini maka dengan anda akan Terlatih untuk menggerakkan panah. Oleh sebab itu Mengapa olahraga panah ini dapat melenturkan otot otot tangan.

  • Meningkatkan rasa percaya diri

secara tidak langsung seseorang yang dapat memanah memiliki daya tarik tersendiri, baik itu bagi seorang laki-laki maupun bagi seorang perempuan. Orang yang jago memanah cenderung memiliki kepercayaan diri yang kuat dan sangat tampak. Karena dalam melakukan panahan memang haruslah memiliki kepercayaan diri yang kuat untuk dapat mencapai target.

  • Menambah Keberanian

keberanian yang dibutuhkan adalah keberanian untuk mencoba, mencoba untuk memanah sasaran meskipun bagi orang-orang yang melakukan pada awal olahraga pemanahan ini belum tentu bisa memanah dengan tepat.

  • Menghilangkan stress

Sama seperti olahrag lainnya, memanah juga dapat menghilangkan stress. Karena ketika anak panah mencapai target yang dituju, seseorang akan memiliki kepuasan. Dan terus mencoba dan berlatih lagi.

 

itulah beberapa manfaat yang didapatkan dari latihan memanah atau olahraga memanah. Mungkin lebih banyak lagi manfaat yang didapat oleh tubuh ketika diterapkan secara konsisten.

 

Yuk, berlatih memanah! Semoga bermanfaat.

 

Penulis : Nurfarida Sari, S.Psi

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail