Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail

Adakah sekolah khusus untuk menjadi orangtua? Jawabannya tidak ada, tetapi orangtua tetap perlu belajar menerapkan pola pengasuhan yang positif pada anak agar dapat membentuk karaktek positif anak di masa depan. Ilmu pengasuhannya dapat diperoleh dari berbagai sumber, seperti buku, artikel di majalah, sharing dengan orangtua lainnya ataupun mengikuti seminar parenting.

Point penting yang dapat orangtua lakukan dalam menerapkan pola pengasuhan positif pada anak, antara lain:

  1. Orangtua menjadi partnership parenting. Ayah dan ibu harus menjadi mitra atau memiliki kerja sama yang baik dalam mengajarkan nilai-nilai kehidupan kepada anak, agar anak akan mudah memahami bimbingan orangtuanya. Anak akan melihat ayah dan ibunya sepakat dalam memberikan pandangan yang sama.
  2. Kesepakatan dalam melaksanakan kedisiplinan dan menerapkan aturan secara konsisten. Aturan tidak harus selalu dibuat oleh orangtua. Anak dan orangtua bisa berdiskusi agar anak merasa nyaman, namun orangtua pun dapat menunjukkan cinta kasihnya dengan tegas.
  3. Memahami emosi negatif anak. Anak nangis, marah, senang atau sedih pastilah ada penyebabnya. Cari penyebabnya dengan menanyakan anak mengenai yang dirasakan dan dialaminya.
  4. Berikan Reward. Reward disini bukanlah harus hadiah dalam bentuk barang. Reward dapat berupa pelukan, belaian, ciuman atau kalimat-kalimat yang dapat mensupport anak. Selain itu ketika anak salah, jangan ragu untuk memberikan hukuman namun hukuman tidak selalu dalam bentuk fisik (memukul, mencubit atau memarahi).
  5. Komunikasi dan bermain. Komunikasi antara orangtua dan anak sangat dianjurkan. Komunikasi dapat dilakukan dengan banyak cara, salah satunya dengan bermain. Bermain tidak hanya secara fisik, namun juga menggunakan pikiran. Latihan berpikir akan membantu anak mengomunikasikan apa yang dipikirkannya kepada orangtua.

Hal tersebut adalah sedikit dari banyaknya hal yang harus orangtua perhatikan dalam menerapkan pengasuhan pada anak. Tidak ada yang sulit jika orangtua mampu bekerja sama dan melakukannya secara konsisten.

 

So happy parenting, smart parents

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail