Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail

Ayah Bunda pasti tahu saat ini,banyak anak-anak sudah mengenal dan bahkan mahir dalam menggunakan gadget. Dalam hal ini tentunya peran penting orangtua sangat dibutuhkan untuk bersikap bijak dalam memberikan alat komunikasi tersebut. Jika digunakan dengan bijak maka gadget akan bermanfaat sebagai media pembelajaran untuk anak. Namun jika penggunaannya tidak terkontrol maka pengaruh gadget sangat berbahaya untuk kesehatan dan tumbuh kembang si kecil.

Dalam menyikapi perkembangan zaman dan teknologi pada saat ini, setiap orangtua hendaknya mengetahui waktu yang tepat untuk memberikan gadget pada anak. Selain itu, orangtua juga hendaknya memberikan batasan pada anak dalam menggunakan gadget sehingga tidak menjadi ketergantungan yang akan memberikan dampak negatif terhadap tumbuh kembangnya.

Di Indonesia presentasi pengguna gadget cukup tinggi, yaitu 79,5% didominasi oleh anak-anak. Mengapa gadget popular di dunia anak-anak? Karena karakteristik gadget yang memang menarik, dalam satu perangkat handy , gadget menyajikan dimensi gerak, suara, warna, dan lagu.

Balita Anda juga susah lepas dari gadget? Yuk, cari tahu dulu dampak positif dan negatif yang akan terjadi ketika si kecil sering bermain gadget.

Dampak Positif

  1. Daya Imajinasi Anak
    Karena anak sering berinteraksi dengan tokoh, atau cerita fiksi di dalam gadget,daya imajinasinya anak pun dapat meningkat. Gadgetjuga punya akses tidak terbatas, yang memungkinkan balita mendapat banyak informasi secara luas. Hal ini pastinya wajib Anda awasi.
  2. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa
    Hampir semua gamedan aplikasi yang beredar menggunakan petunjuk bahasa Inggris. Joan Ganz Cooney Center di Amerika Serikat menemukan, anak-anak berusia lima tahun yang menggunakan aplikasi edukasi iPad mengalami peningkatan kosakata sekitar 27%, sedangkan untuk balita usia tiga tahun, mengalami kosakata sebanyak 17%.
  3. Merangsang Indera Penglihatan dan Pendengaran
    Karena menyajikan dimensi gerak, suara, warna, dan lagu, tentu sangat bermanfaat untuk anak. Tetapi tetap harus dibatasi dan seimbangkan dengan aktivitas gerak yang lain, ya. Karena jika penggunaannya berlebihan bisa merusak mata anak.
  4. Melatih Fungsi Motorik
    Nicole Fonovich, pemilik dan pembuat Luca Lashes e-books­ khusus untuk anak-anak, mengatakan, “Kecepatan balita belajar menggunakan gadgetsangat mengagumkan, sayang jika kepintaran yang mereka miliki digunakan hanya untuk permainan sederhana.”

Dampak Negatif

  1. Gangguan Tidur
    Kualitas tidur balita bisa berkurang jika sebelum waktunya tidur ia main gadget. Penyebabnya, cahaya yang dipancarkan layar gadgetberpotensi membuat mata anak sulit terpejam. Sebaiknya jadwalkan waktu bermain si kecil jauh sebelum jam tidur.
  2. Terlambat Bicara
    Menurut penelitian American Academy of Pediatrics, sangat disarankan agar anak berusia di bawah 2 tahun tidak dikenalkan pada gadget. Terlalu asyik bermain bisa bikin balita malas berberkomunikasi dengan lingkungan sekitar, dan bisa jadi penyebab keterlambatan berbicara.
  3. Bahaya Radiasi
    Studi Universitas Leeds di Nottingham dan Universitas Manchester and Institute of Cancer Researchdi London, Inggris menyatakan penggunaan gadget pada balita harus dibatasi. Karena syaraf yang masih berkembang dikhawatirkan akan lebih mudah terserang radiasi yang terpapar dari gadget.
  4. Ketagihan
    Warna yang menarik, suara yang menggemaskan, gambar bergerak yang lucu, Balita mana yang tidak mau bermain dengan alat yang menjanjikan hiburan super seru? Masuk akal kalau gadget membuat balita ketagihan. Akibatnya balita hanya fokus pada gadget, dan tidak mau berinteraksi dengan sekelilingnya.

Nah, kini Anda telah mengetahui bahwa gadget ternyata memiliki lebih banyak dampak negatif pada anak. Bagaimana cara agar anak tidak ketergantungan gadget?

Batasi dengan 2 cara ini:

  1. Buat jadwal si kecil main gadget, seperti sehari hanya boleh 1 jam dan dilakukan pada sore hari saat waktu ia bermain.
  2. Berikan peringatan berkala ketika waktu bermain hampir habis, misalnya 10 menit sebelum waktu habis.

Bayangkan apa yang terjadi pada pertumbuhan dan perkembangan anak bila kita sebagai orangtua tidak bijak dan kontrol penggunaan gadget pada anak?

Semoga kita menjadi orang tua yang bijak dan kontrol penggunaan gadget pada anak kita sendiri.

Selamat aktivitas Ayah Bunda

 

Penulis : Irfan Setiawan, S.Pd

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail