Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail

Ayah bunda, kapan terakhir kali ayah dan bunda mendengarkan ananda bercerita? Tahukah ayah bunda apa yang sedang disenangi oleh ananda? Apa yang sedang di hawatirkan ananda? Dan apakah ayah bunda mengetahui lingkungan bermainnya?

Anak balita memang belum bisa berbicara dengan lancar, tapi kita bisa menstimulus kemampuan ananda dalam menyusun kata, membangun pemahaman bagaimana bercerita, menjalin kedekatan dengan anak dan ananda akan belajar bagaimana mendengarkan orang lain.

Jika ananda sudah mulai berinteraksi dengan oranglain, ananda dengan senang hati akan bercerita tentang teman-temannya, baik yang menurutnya menyenangkan dan kurang menyenangkan. Ketika menghadapi masalah, ananda mau bercerita dengan kita sebagai orangtua nya dan mau mendengarkan saran dari kita. Dengan hal ini  kita sebagai orangtua bisa belajar menghargai apa yang menjadi prinsip ananda. Tanpa melepas pengawasan atau dengan menganggap mereka sudah dewasa, kita sebagai orang tua dapat 100 persen melepas mereka untuk berinteraksi dengan lingkungannya selain lingkungan keluarga.

Apakah ayah bunda tahu, jika anak-anak jaman sekarang kurang bercerita dengan orangtuanya karena merasa tidak nyaman jika bercerita dengan orangtuanya ?

Anak-anak jaman sekarang akan  merasa diatur jika orangtuanya baru sedikit berbicara.  Anak-anak merasa dikecilkan akan kemampuannya dalam menyikapi aneka ragam perilaku di lingkungannya. Hingga akhirnya kita mendengar jika anak kita terkena musibah terlibat narkoba, masuk geng motor, terjerumus prostitusi, atau pun kenakalan-kenakalan remaja lainnya.

Maka dari itu, membangun kedekatan antara anggota keluarga dengan bercerita, tatap muka di meja makan, bermalas-malasan bersama di kasur pada akhir pekan, santai bersama melepas lelah di pinggir kolam saat sore hari akan meningkatkan kualitas diri tiap-tiap anggota keluarga dan menumbuhkan hal-hal positif untuk menjalani kehidupan sehari-hari.

Jadi, weekend ini mau nongkrong dengan keluarga dimana ?

Terima kasih ayah bunda atas telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat.  Happy weekend

Penulis : Eni Rosinta, S.Pd. I

Picture by : <a href=’https://www.freepik.com/free-photo/reading-homework_1631009.htm’>Designed by Freepik</a>

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail