Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail

Bayi sejak di dalam kandungan sudah terbiasa dikelilingin air ketuban. Berada di air memang secara natural memberikan perasaan nyaman dan aman bagi bayi. Proses persalinan membawa bayi keluar dari zona nyaman dan membawanya ke zona lebih nyaman yaitu pelukkan ibu. Pengalaman nyaman saat di dalam kandungan secara langsung / tidak langsung membuat mayoritas bayi menyukai aktivitas di dalam air seperti berenang. Proses pembentukan kegemaran olahraga berenang pun menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Berenang memiliki berbagai manfaat bagi perkembangan, baik perkembangan sensori, kognisi, bahasa, sosial, dan terutama untuk perkembangan motorik. Melalui berenang, sensor taktil di tubuh bayi menjadi lebih terasah. Saat berenang, hampir seluruh tubuh bayi tersimulasi untuk memproses informasi dari lingkungan sekitar. Selain itu, berbagai tahapan perkembangan motorik kasar dan halus pun menjadi lebih menyenangkan untuk dilalui dengan disertai aktivitas berenang yang rutin.

Berenang bersama ibu / ayah dapat memberikan perasaan nyaman yang kelak bisa membantu perkembangannya. Aktivitas berenang dapat dikenalkan sejak bayi berusia 3 bulan. Berenang untuk bayi berusia 3 bulan dapat diawali dengan pengenalan kolam renang dan kegiatan untuk menyamankan bayi berada di kolam untuk durasi 10-20 menit.

Proses pengenalan kolam renang dapat dilakukan melalui berbagai cara, antara lain:

Berjalan di sekeliling kolam renang dengan bayi berada di pelukan orangtua
Duduk memangku bayi di tepi kolam renang sementara ayah/ibu berenang
Berjalan di dalam kolam renang dengan bayi berada di pelukan orangtua.

Setelah bayi merasa nyaman berada di sekitar dan di dalam kolam renang, maka orangtua dapat mulai merutinkan kegiatan berenang untuk meningkatkan kenyamanan dan ketrampilan bayi bergerak di dalam kolam. Kala bayi berusia 3-9 bulan, orangtua masih cenderung aktif memulai dan mengarahkan aktivitas  di dalam kolam.

Beberapa aktivitas yang dirasakan berhasil mempertahankan minat bayi berada di kolam selama 10-20 menit adalah:

– Bergerak bebas di kolam renang dengan menggunakan pelampung bayi berupa ring vest.
– Bermain bola / balon plastik di kolam renang
– Bermain bubble di kolam renang

Happy swimming, cute babies..:*

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail