Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail

QgKKtRu6dD

Sudah tahukah parents, apakah yang dimaksud dengan Sensori Integrasi itu? Sensori Integrasi didefinisikan sebagai organisasi informasi sensori-sensori yang digunakan berkaitan dengan tahap perkembangan manusia. Hal ini berkaitan dengan proses neurologis yang memungkinkan kita untuk memahami dunia kita dengan menerima, mendaftar, memodulasi atau mengorganisasikan, dan menafsirkan informasi yang datang ke otak melalui indera yang kita miliki.
Melatih sensori integrasi anak dapat dilakukan sejak dini, yaitu dengan melakukan melakukan hal-hal yang sederhana kepada anak sejak anak dilahirkan. Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk melatih sensori integrasi anak yaitu dengan bermain. Permainan-permainan tersebut dapat berupa:
1. Mengelus bayi
2. Berbisik dan menyanyikan lagu pada bayi
3. Menggendong bayi dengan bergoyang
4. Permainan peran, permainan ini dapat menstimulus kemampuan berbicara dan komunikasi anak
5. Bermain “kata berantai” sambil berbisik, dapat menstimulus kemampuan audiotori anak
6. Mengenalkan berbagai rasa makanan untuk menstimulus kepekaan indera perasa anak
7. Memanjat, melompat, bermain sepeda dapat menstimulus kekuatan otot, keseimbangan badan, merasakan tarikan gravitasi dan motor planning
8. Bermain busa sabun pada saat mandi, menggunakan sabun batangan, washlap lembut atau shower puff dapat menstimulus indera peraba anak.
9. Bermain di rumput, di pasir atau bermain dengan hewan peliharaan (kucing, kelinci, anjing, dll) juga mampu menstimulus indera peraba anak
10. Mengenalkan anak dengan bau-bauan melalui wangi bunga, buah, tumbuh-tumbuhan atau makan dapat menstimulus indera penciuman anak
11. Bermain warna akan membantu anak menstimulus indera visualnya
12. Permainan “Cilukba”, dapat menstimulus kemampuan audio-visual pada anak
13. Bermain ikat tali sepatu, memasukkan benang dalam lobang, atau memasukkan kancing ke lobang dapat melatih kemampuan motorik halus anak.
Masih banyak lagi permainan-permainan yang dapat parents berikan kepada anak untuk melatih sensori integrasinya. Permainan tidak perlu mahal, dengan permainan sederhana pun dan parents mampu melihat manfaat dari permainan tersebut maka permainan itu akan dapat menjadi media menstimulasi kemampuan anak. So, happy parenting parents!

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail