Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail

Banyaknya pusat perbelanjaan atau mall yang ada saat ini kian memudahkan orangtua dan anak untuk bisa jalan-jalan, makan bersama, menonton bioskop atau hanya sekadar melihat-lihat di saat hari libur. Tempat yang memanjakan kita dengan berbagai fasilitas itu membuat mall menjadi pilihan praktis orangtua hampir tiap weekend untuk bisa menghabiskan waktu bersama anak. Padahal saat sedang berkumpul di mall, tidak banyak juga yang saling berinteraksi satu sama lain, melainkan sibuk dengan gadget dan aktivitasnya masing-masing. Jika kegiatan ini terjadi terus menerus, rasa bosan dan kurangnya komunikasi antar anggota keluarga akan muncul perlahan-lahan.

Sebenarnya, ada alternartif lain yang dapat dilakukan keluarga untuk menghabiskan akhir pekan dengan cara seru dan pastinya mempererat hubungan antara anggota keluarga. Apa saja ya?

  1. Membersihkan rumah

Mumpung hari libur ajak anak untuk membereskan rumah, yuk. Pastikan semua anggota keluarga sudah mendapatkan tugasnya masing-masing, ya. Jika anak belum pernah membereskan rumah sebelumnya berilah tugas yang sederhana dahulu seperti merapikan mainan ke dalam tempatnya. Jika sebelumnya anak sudah pernah membereskan rumah, beri ia pekerjaan yang lain. Kegiatan ini akan membuat anak bertanggung jawab dan mempelajari hal baru. Orangtua juga dapat mencontohkan dalam melakukan pekerjaan yang membuat rumah semakin rapi dan bersih pada anak sehingga anak akan meniru tindakan tersebut.

  1. Mendekor kamar

Anak pernah mengeluh bosan dengan suasana kamarnya yang itu-itu saja? Boleh lho mengajaknya untuk mendekor kamarnya bersama. Biarkan anak untuk memilih tema dan suasana yang ia suka. Untuk menambah kepercayaan diri anak, pajanglah berbagai hasil karya yang sudah dibuat olehnya seperti hasil prakarya, gambar atau tulisan. Selain membuat anak nyaman, mendekor kamar secara bersama-sama akan terasa menyenangkan.

  1. Membuat art and craft

Jika memiliki banyak barang bekas dan alat lukis, tidak ada salahnya untuk berkreasi dengan anak. Misalnya dengan membuat tempat alat tulis dari kardus bekas, melukis dengan berbagai macam teknik yang unik dan seru, membuat puppet dari kertas warna, membuat hiasan dinding atau membuat apapun yang bermanfaat. Pembagian peran yang jelas antara anggota keluarga juga diperlukan disini, misalnya ayah yang memotong kardus, ibu yang membuat pola, anak yang mewarnai atau bisa juga bergantian.

  1. Memasak makanan favorit

Memasak bersama bisa menjadi salah satu aktivitas pilihan yang tidak kalah seru. Pilihlah satu menu yang disukai anak atau orangtua untuk dibuat bersama. menu makanan yang dibuat juga dapat bervariasi seperti snack bola-bola cokelat, popcorn, bakwan jagung atau sup bakso. Disini orangtua dapat membantu anak untuk melewati proses pembuatan makanan dan belajar mengenal bermacam jenis makanan.

  1. Berkebun

Punya kebun kecil di rumah? Segera manfaatkan untuk bertanam bersama dengan anak. Orangtua dan anak bisa menata tanaman hias bersama atau menyiram tanaman. Dengan mengajari hal ini anak akan tumbuh menjadi anak yang peduli dengan lingkungan dan cinta alamnya.

  1. BBQ party and games!

Yuk siapkan peralatan barbeque, lagu favorit dan beberapa permainan asyik yang akan menambah keseruan berakhir pekan bersama keluarga. Agar kegiatan berjalan lebih sempurna, orangtua dapat membuat susunan acaranya lho.

 

Penulis: Amelia Ajrina, S.Psi

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail