Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail

Brain gym!! apa itu brain gym? jenis minuman atau makanan atau sejenis produk obat– obatan?? Bukaaann brain gym adalah sejenis senam otak, dimana dalam brain gym terdapat latihan gerakan sederhana antara bagian tubuh sebelah kanan dan bagian tubuh sebelah kiri. Adapun fungsi dari gerakan brain gym tersebut adalah untuk melatih antara otak kanan dan otak kiri.

Siapa yang bisa melakukan brain gym? dan apa fungsinya?

Brain gym bisa dilakukan oleh siapa saja, mulai dari anak balita sampai orang dewasa. Namun, biasanya gerakan brain gym banyak dilakukan oleh kalangan pelajar karena bisa membantu pelajar lebih konsentrasi saat belajar dan meningkatkan daya ingatnya. Itulah sebabnya latihan ini cocok untuk kalangan pelajar. Sedangkan untuk kalangan dewasa biasa digunakan untuk melatih agar tidak cepat lelah setelah bekerja. Selain itu brain gym bisa mengurangi penyakit pikun sehingga banyak orang dewasa yang sering melakukan gerakan-gerakan sederhana dari brain gym tersebut.  Selain  itu ada beberapa tujuan dilakukannya gerakan brain gym  seperti :

  1. Membuat tubuh lebih semangat dalam beraktifitas

Dalam kegiatan sehari hari bagi para pelajar maupun pekerja kantoran, gerakan brain gym sangat diperlukan karena bisa membuat lebih semangat setelah melakukan berbagai aktifitasnya.

  1. Merangsang fungsi otak

Cara kerja antara otak kanan dan kiri haruslah seimbang maka gerakan brain gym ini sangat cocok jika dilatih untuk para pelajar, terutama anak – anak berkebutuhan khusus. Karena bisa mengoptimalkan cara kerja otak anak – anak tersebut.

  1. Meningkatkan kecerdasan anak

Jika otak anak telah terlatih dengan kegiatan brain gym maka fungsi otak akan terangsang untuk  meningkatkan kecerdasan anak.

Kapan brain gym bisa dilakukan?

Kegiatan brain gym bisa dilakukan kapan saja. Hanya saja waktu yang diperlukan setiap orang berbeda – beda, namun biasanya gerakan brain gym dilakukan dalam waktu sekitar 5 – 10 menit. Sebaiknya gerakan brain gym ini harus dilakukan secara rutin terus menerus karena untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Apa saja gerakan brain gym?

Ada banyaj gerakan brain gym , namun disin saya akan menuliskan beberapa gerakan saja. Diantaranya:

  1. Gerakan sakelar otak

Cara melakukan gerakan ini yaitu memijat bagian tulang selangka dikiri dan kanan tulang dada selama 20 – 30 detik dengan satu tangan, sementara tangan yang lain memijat sebelah kanan ataiu kiri pusar. Gerakan ini bertujuan untuk mengoptimalkan keterampilam motoric halus, meningkatkan energy, serta relaksasi tengkuk dan bahu

  1. Gerakan silang

Dimana gerakan ini  bisa dilakukan baik saat berdiri maupun duduk. Caranya angkat lutut kanan sampai bersentuhan dengan siku kiri. Miringkan sedikit kepala dan bahu ke arah kanan sambil melakukan gerakan ini, kemudian gentian dengan bagian sebelah kiri. Ulangi gerakan ini sampai 30 detik.  Guna untuk melatih pernapasan dan meningkatkan ketahanan tubuh.

  1. Gerakan 8 tidur ( lazy 8 )

Gerakan ini pun terbilang mudah karena menggerakan kedua tangan untuk membentuk angka 8 tidur, dimana mata kanan dan kiri mengikuti gerak tangan dalam membentuk angka 8 tidur tersebut. Gerakan ini dapat dilakukan baik menggunakan papan tulis atau pun di udara.

  1. Pasang telinga ( the thinking cap )

Gerakan ini dilakukan menggunakan ibu jari dan telunjuk kedua tangan, pijat secara lembut daun telinga sambil menariknya keluar mulai dari lengkungan atas hingga kuping bawah.

Masih banyak gerakan brain gym yang dapat kita lakukan baik pada saat mau bekerja atau belajar ataupun pada saat kita sedang santai. karena gerkan  brain gym sangat berpengaruh posisitf dan sangat besar manfaatnya untuk meningkatkan ingatan baik jangka panjang maupun jangka pendek.

 

Penulis: Dicky age tresna

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail