Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail

Dekorasi dan berbagai lomba sudah dipersiapkan oleh semua kalangan masyarakat di hari kemerdekaan Indonesia saat ini, termasuk di sekolah dan lingkungan rumah. Adanya lomba-lomba menarik tentunya membuat anak-anak tidak sabar untuk memainkannya. Selain untuk bersenang-senang di hari kemerdekaan, ada beberapa kegiatan lain yang dapat dimanfatkan orangtua dan anak agar hari kemerdekaan menjadi lebih bermakna dan berguna untuk masa depan anak. Beberapa kegiatan itu adalah sebagai berikut:

 

  1. Ajarkan secara singkat tentang sejarah Indonesia

Dalam mengajarkan anak tentang sejarah Indonesia, orangtua tidak perlu menggunakan metode ceramah yang membosankan. Gunakan cara-cara kreatif dan seseru mungkin agar minat dalam belajar sejarah dapat meningkat. Contohnya seperti bercerita kepada anak menggunakan buku yang bergambar atau ensiklopedia, menonton film pendek tentang hari kemerdekaan atau membuat kerajinan tangan y

ang berhubungan dengan hari kemerdekaan. Yang harus diingat, kegiatan seperti ini harus dilakukan secara dua arah. Sisipkan sesi diskusi dan berikan anak kesempatan untuk mengutarakan pertanyaan atau pendapatnya.

  1. Ajak anak ke tempat bersejarah

Museum atau monumen bersejarah merupakan menjadi tempat yang tepat untuk anak belajar sejarah secara langsung. Lukisan, patung dan benda-benda bersejarah yang dilihat anak dapat menarik perhatian dan meningkatkan rasa ingin tahu dan rasa nasionalisme anak.

  1. Diskusikan mengenai kontribusi yang bisa anak berikan untuk Negara

Menurut psikolog Debra Condren, semakin beranjak dewasa anak akan mengerti apa arti dari hari kemerdekaan. Satu hal yang harus dipahami anak adalah seseorang yang sudah merdeka dan beranjak dewasa, akan memiliki banyak tanggung jawab yang harus dikerjakan. Oleh karena itu jadikanlah hari kemerdekaan sebagai momen anak untuk dapat berpikir dan menentukan kontribusi apa yang dapat ia berikan untuk negaranya kelak. Bantu dan arahkan minat bakat anak agar ia merasa mampu untuk menjadi orang yang berguna untuk bangsa dan negaranya. Jangan lupa untuk memberinya dukungan secara positif agar lebih percaya diri dalam menghadapi tantangan yang akan dihadapinya.

Penulis: Amelia Ajrina, S.Psi

Picture:

<a href=’https://www.freepik.com/free-vector/masyarakat-indonesia-in-cartoon-style_687199.htm’>Designed by Freepik</a>

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail