Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail

Doctor with laptop and pregnant woman in doctor's office

Sejak zaman pra-sejarah manusia sudah terbiasa hidup berkelompok. Menjadi anggota sebuah klan/keluarga merupakan identitas tersendiri bagi setiap individu di kala itu. Nama klan yang melekat dinama seseorang seringkali meningkatkan prestise dan status sosial di masyarakat. Dengan berjalannya waktu, penyebutan klan pun bergeser menjadi marga/nama keluarga. Dan, kecenderung prestise / status sosial yang melekat dinama pun bertahan hingga saat ini.

Keluarga adalah aset terbesar setiap individu. Keluarga adalah tempat berpaling dikala susah dan senang. Keluarga adalah sumber rasa aman dan nyaman dalam kehidupan. Berada dalam sebuah keluarga besar adalah berkah. Keharmonisan antar anggota keluarga cenderung membawa keberhasilan dan kesuksesan bagi setiap anggotanya.

Untuk menciptakan keharmonisan keluarga, ada beberapa hal yang dapat dilakukan :

Berkunjung ke rumah nenek kakek.

Kegiatan ini bermanfaat untuk kesehatan psikologis nenek kakek dan keluarga yang mengunjungi. Keakraban yang terjadi diprediksi dapat meningkatkan kualitas komunikasi antar anggota keluarga dan juga akan meningkatkan keharmonisan keluarga.

Melakukan aktivitas bersama-sama secara rutin

Aktivitas sederhana seperti makan siang bersama keluarga besar bila dilakukan secara rutin diharapkan dapat membentuk sebuah pola dan dasar kebersamaan antar anggota keluarga. Keluarga yang menerapkan “Sunday Lunch” atau kegiatan makan siang bersama seluruh anggota keluarga besar setiap hari minggu, terlihat lebih harmonis dibanding yang tidak.

Mendokumentasikan kegiatan bersama

Berbagi kebahagiaan adalah salah satu cara untuk menjaga keharmonisan. Ada beberapa saat bahagia yang tidak bisa terulang kembali seperti saat kelahiran atau saat pernikahan. Untuk menjaga rasa bahagia tersebut dan agar dapat direka ulang kembali, maka dokumentasi diperlukan. Menceritakan kembali kejadian-kejadian lampau melalui dokumentasi yang ada.

Melalui dokumentasi, keluarga dapat mengingat dan mereka ulang kejadia-kejadian yang terjadi dikeluarga pada masa lampau. Kejadian bahagia yang mengundang senyum, kejadian lucu yang mengundang tawa, dan juga kejadian sedih yang mengundang haru. Ketika keluarga duduk bersama dan menceritakan kembali kejadian-kejadian tersebut maka diharapkan rasa bahagia, tawa lucu, dan haru pun kembali tampil merekatkan keharmonisan keluarga.

Membuat video tentang nenek-kakek

Di sebuah keluarga besar, kepala keluarga yang dituakan seperti nenek dan kakek memegang peranan yang sangat penting. Kepribadiannya, perilakunya, pandangan hidupnya, dan kesukaan-kesukaannya sering kali dijadikan panutan oleh anak-cucu dan keturunan-keturunan selanjutnya. Setelah nenek/kakek/keduanya meninggal dunia, seringkali video tentang mereka dapat merekayasa kehadiran mereka diantara keluarga dan membuat keluarga bersatu dan menjalani kehidupan harmonis sama seperti saat nenek kakek hidup.

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail