Kenali Diri Saat Terjebak Pola Pikir Negatif

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail

Ayah, Bunda, dan teman-teman Klik Psikolog, kita semua pasti pernah merasakan bagaimana tidak nyamannya saat diri hanya berfokus pada pemikiran yang negatif saja atau bahasa kerennya adalah nethink. Seribu cara kita coba untuk berpikir positif, namun selalu kembali ke pikiran negatif. Hal yang wajar saat diri merasa lelah karena tidak mampu menaklukan pikiran negatif. Hal yang wajar pula bila selama kita berproses untuk berpikir positif, pikiran-pikiran negatif kembali hadir. Sebenarnya kunci agar kita tidak terjebak dengan pikiran negatif adalah dengan mengenali ciri-cirinya. Lalu seperti apa ciri-ciri saat kita terjebak dengan pola pikiran negatif? Berikut ulasannya

  1. Kita sering kali menyalahkan diri sendiri atas musibah atau masalah yang menghampiri kita. Seringnya kita menyalahkan diri membuat energi dalam tubuh menjadi terserap dan bawaannya menjadi tidak bersemangat. Akhirnya membuat aktivitas yang biasa dilakukan menjadi tidak nyaman, tidak enak, dan serba salah. Tidak jarang menyalahkan diri sendiri membuat kepercayaan diri menjadi turun karena menanggap diri bodoh, tidak pantas, ceroboh, dan lain-lain.
  2. Menyalahkan orang lain dan menyalahkan keadaan (kondisi, lingkungan). Disaat kita tidak menyalahkan diri sendiri atas musibah yang ada, kita fokus menyalahkan orang lain dan keadaan. Seakan-akan semuanya salah dan didunia ini tidak ada kebaikan sama sekali untuk diri kita. Pikiran otomatis yang ada didalam diri ketika musibah datang adalah “ini semua pasti gara-gara dia”. Respon lain yang keluar dari diri kita adalah marah dan berteriak “Kenapa sih aku harus terlahir miskin. Kan aku jadi ga bisa beli apa-apa. Tuhan ga adil.”
  3. Menjadi pribadi yang pesimis, tidak bersemangat, tidak bergairah, dan akhirnya kita benar-benar tidak dapat memperbaiki keadaan. Bagaimana kita dapat memperbaiki keadaan bila semangat kita terserap oleh energi negatif yang menguasi pikiran dan perasaan kita. Menjadi malas melakukan apa-apa karena merasa yakin bahwa tidak akan berhasil adalah salah satu tandanya.

Sekarang coba tanya kepada diri masing-masing, sejauh mana diri kita memiliki pikiran negatif dan pikiran negatif apa yang sering hadir? Kemudian buat tulisan untuk membantu diri menuangkan isi pikiran negatif tersebut. Perlu diketahui bahwa semua itu dapat terjadi karena diri kita mengizinkan pikiran mengelola segala sesuatu dengan cara pandang negatif. Jadi saat mood negatif tersebut hadir, kitalah yang mengizinkannya dan kita jugalah yang membatasi diri untuk berpikir secara positif.

Maka yuk Ayah, Bunda, dan teman-teman Klik Psikolog, kita mulai memandang masalah dari sudut pandang yang lain. Galilah emosi positif dari kondisi yang saat ini terjadi bukan dari kondisi idealnya. Ketahuilah bahwa cara pandang kita sangat menentukan perasaan dan perilaku yang kita tunjukkan. Oleh karena itu berhati-hatilah dalam memandang sesuatu 😊

Penulis: Niken Woro Indriastuti, M.Psi., Psikolog

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail