Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail

Hallo ayah bunda ..
sudah tahu kan apa itu permainan lompat tali atau karet ? sedikit bernostalgia, permainan ini booming sekitar tahun 1970-2000 an. ingat kan dulu setiap pulang sekolah pasti sepanjang jalan, tanah lapang banyak anak-anak perempuan bermain karet bahkan anak laki-laki pun tak jarang dijumpai ikut bermaian juga. permainan ini memang terbilang seru, selain bisa bermain hanya untuk 2/3 orang, bisa juga berkelompok.

Peralatan yang digunakan dalam permainan lompat tali atau karet sangat sederhana, yaitu karet gelang yang dirangkai hingga panjangnya mencapai ukuran yang dibutuhkan, biasanya sekitar 3 sampai 4 meter.

Nah untuk saat ini dengan seiring perkembangan zaman, permainan tradisional Lompat Tali atau Karet sudah mulai terlupakan oleh kalangan anak-anak. Padahal, dari permainan tradisional tersebut banyak manfaat yang dapat diperoleh baik secara fisik dan mental.

apa saja sih manfaatnya? yuuk disimak;
1) Melatih semangat kerja keras pada anak-anak
2) Melatih kekompakan antar tim
3) Menjadi media anak untuk bersosialisasi
4) Mengasah keterampilan mengambil keputusan
5) Melatih kecermatan
6) Melatih keberanian anak
7) Membangun jiwa sportifitas anak
8) dan yang terakhir tentunya Memberikan kegembiraan bagi anak

Bagaimana ayah bunda? mau mencoba ajarkan ananda permainan ini. tentunya selain manfaat diatas, bagi ayah bunda juga bisa menambah kelekatan antara anak dan orangtua.

Penulis: Nurfarida Sari, S.Psi

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail