Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail

Perkembangan seorang anak tergantung seberapa sering si anak melakukan kegiatan motorik. Terkadang orang tua hanya mengandalkan kegiatan motorik anak hanya saat anak mengikuti kegiatan terapi ditempat anak tersebut terapi. Padahal tanpa kita sadari banyak sekali kegiatan motorik yang dapat membantu perkembangan anak dalam kehiduan sehari hari. Sehingga, jika kita mau memanfaatkan waktu tersebut, maka kemungkinan besar kemapuan si anak dapat berkembang dengan cepat.

Namun karena rutinias orang tua yang terlalu sibuk, maka kebanyakan mereka tidak menyadari hal itu. Mereka menganggap kegiatan yang  diterapkan di tempat terapi tidak bisa dilakukan di drumah.  Padahal kegiatan tersebut bisa dilakukan sambil bersantai bersama keluarga. Berikut kegiatan yang dapat dilakukan dirumah bersama anak yang mungkin bisa membantu perkembangan motorik halus si anak.

  1. Bermain puzzle

Bermain puzzle bersmam anak selain meningatkan kekompakan, juga bisa melatih motorik halus anak. Disini anak di pacu untuk berfikir agar kumpulan potongan puzzle bisa tersusun kembali dengan rapi dan sesuai dengan bentuknya. Dan permainan ini juga bisa mendorong anak untuk lebih cermat , teliti dan lebih konsentrasi. Selain itu anak juga dilatih agar mampu duduk tenang selama mengerjakan tugas tersebut.  Tingkat kesulitan dalam menyusun puzzle dapat disesuaikan dengan kemampuan anak. Mulai dari potongan puzzle yang tidak terlalu banyak hingga

  1. Playdough

Selain puzzle, bermain playdough juga bisa meransang perkembangan motorik anak. Ajaklah anak untuk membentuk suatu bentuk dari playdiugh, ananda diarahkan untuk mau menggenggam palydough dan meremas – remas palydough. Agar anak mengenal rasa perabanya seperti rasa kasar dan halus.

  1. Bermain lego dan balok

Sambil santai, orang tua bisa mengajak anaknya untuk bermain lego atau balok. Sama seperti puzzle, ananda dilatih untuk bisa membentuk suatu bangunan dari kumpulan lego atau balok. Selain itu, ananda juga dilatih untuk bisa fokus dan konsenrasi saat  memasang lego aau balok.

Selain kegiatan tersebut, ada beberpa kegiatan lain yang dapat merancang perkembangan motorik kasar anak. Dan orang tuapun dapat melakukannya sebagai contoh anak agar anak mampu melakukannya. Berikut kegoatan yang dpata merangsang perkembangan motorik kasar anak

Bersepeda dapat dilakukan untuk melatih motorik kasar anak, kegiatan ini dapat dilakukan disekitar rumah atau komplek rumah.  Buatlah permainan dari bersepeda tersebut, bisa dibuat berkelok – kelok, lurus, leter O. Ini bisa dilatih untuk melatih keseimbangan anak.

Sama seperti bersepeda, kegiatan berlari dapat dilakukan di perkarangan rumah dengan modifikasi bentuk aturan berlari seperti bersepeda tadi. Atau jika ada ide rintangan – rintngan yang lain bisa ditambahkan.

  1. Bermain bola

Permainan ini sangat beragam, dari melempar bola, menangkap bola dan menendang bola. Apapaun permainan yang mengunakan bola dapat memacu perkembangan motorik kasar ananda. Hanya tinggal tambah model cara bermainnya saja.

 

Itulah beberapa kegiatan yang mungkin bisa dilakukan bersama anak di rumah tanpa harus selalu mengandalkan dari tempat terapi. Semoga dapat bermanfaat.

Oleh : Dicky age tresna

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail