Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail

ID-10094072Tahun ajaran baru tidak lama lagi akan segera dimulai, apa persiapan yang parents telah lakukan untuk anak? Peralatan sekolah, seragam sekolah, tas dan sepatu sekolah? Namun apakah hal tersebut cukup sebagai persiapan anak sekolah?
Selain peralatan sekolah, seragam, tas dan sepatu sekolah, ada hal yang sering terlewatkan parents untuk dipersiapkan sebelum anak memulai masa sekolahnya. Hal yang harus dipersiapkan parents adalah kemampuan anak dalam hal:
–    Memahami instruksi dan konsentrasi. Anak diharapkan telah dapat memahami instruksi yang diberikan baik dalam bentuk verbal maupun dengan pemberian contoh. Selain itu, anak diharapkan telah mampu untuk menjaga konsetrasinya dalam mengerjakan sesuatu hingga selesai.
–    Ingin Tahu dan Mampu berjuang. Rasa ingin tahu yang tinggi menggambarkan anak memiliki motivasi yang tinggi dalam belajar. Sedangkan kemauan berjuang diprediksi dapat menggambarkan kemampuan anak untuk berusaha ketika menemukan kesulitan dalam kegiatan atau tugas yang dikerjakannya.
–    Motorik. Persiapan anak untuk sekolah salah satunya telah dapat menggunakan alat-alat tulis seperti pensil, crayon, gunting, lem, dsb. Anak juga diharapkan mampu untuk bergerak dengan bebas seperti mampu berjalan, berlari, memanjat, melompat dengan dua kaki, bermain sepeda, dsb.
–    Kemandirian. Di sekolah nantinya anak diharapkan dapat memenuhi kebutuhannya secara mandiri seperti menyatakan keinginanan BAK&BAB, membawa tas sekolah, melepas dan memakai sepatu dan membereskan peralatan main atau peralatan belajarnya.
–    Sosio-emosi. Anak diharapkan dapat merasa nyaman dan aman di tempat baru bersama orang-orang baru yang dikenalnya (guru dan teman sekolah). Ketika bermain dapat bergiliran/mengantri, dapat berbagi, bertoleransi, dan berempati  dengan teman barunya.
Persiapkanlah anak dengan kemampuan-kemampuan tersebut agar anak siap untuk memulai aktivitas barunya di sekolah. Happy parenting smart parents

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail