Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail

spedaKetika anak sudah berusia 2 – 3 tahun, orangtua biasanya antusias membelikan anaknya sepeda roda 4. Selain dipandang lucu dan menggemaskan, bersepeda pun memiliki banyak manfaatnya. Berikut adalah 4 point mengapa anak harus diajarkan bersepeda.

Dengan bersepeda akan melatih kemampuan konsentrasi

Karena pada saat bersepeda, anak akan menjaga konsentrasinya agar tetap berjalan pada jalurnya, baik konsentrasi terhadap pandangan maupun dalam mengkoordinasikan arahan kemudinya. Apalagi jika anak sudah fasih untuk bersepeda , dimana dia akan menemui kendaraan lain yang lalu-lalang di jalan yang sama dengan anak.

Selanjutnya, dengan bersepeda akan melatih keseimbangan tubuh anak, mengapa?

Dengan bersepeda, anak akan memposisikan postur tubuhnya dengan duduk tegak di atas sadel sepeda. Selain itu, posisi tangan dan kaki yang juga ajeg di posisi masing-masing akan membantu anak yang memiliki postur tubuh agak kurang tegak, atau tidak dapat duduk tegak di kursi maupun di lantai, akan terbantu dengan seringnya ia bersepeda.

Melatih kemampuan motorik

Bersepeda berarti mengayuh. Mengayuh berarti upaya seseorang menggerakkan anggota tubuhnya, khususnya kaki. Namun dengan bersepeda tidak hanya kekuatan kaki yang diperlukan, tapi juga kekuatan tangan untuk mengendalikan sepeda. Otot-otot paha dan betis sangat diperlukan agar dapat menjalankan sepeda, apalagi jika jalan yang dilalui menanjak.

Melatih kemampuan sosialisasi dan membuat anak happy

Biasanya anak bersepeda mengajak saudara, ayah-bundanya atau teman sepermainannya di dekat rumah. Hal itu akan melatih kemampuan anak untuk bersosialisasi, bahkan akan melatih rasa empati anak ketika temannya ingin meminjam sepedanya. Di sini akan muncul rasa ingin berbagi, interaksi antar teman main dan pastinya akan membuat anak happy.

Manfaat terakhir yang diperoleh dari bersepeda adalah membuat tubuh menjadi sehat. Bersepeda adalah salah satu permainan yang tidak terstruktur dan bermanfaat bagi tumbuh kembang anak seperti halnya berlari-lari, berenang atau bermain bola.

“Further info call / whatsapp 0811 118 2412  or visit www.klikpsikolog.com untuk informasi, sharing kegiatan, dan pelayanan psikolog online gratis tentang perkembangan anak dan kurikulum pendidikan alternative homeschooling bagi semua anak termasuk anak berkebutuhan khusus seperti anak dengan specktrum Autis, Asperger, ADHD, ADD, Kesulitan Belajar, dan lain sebagainya”

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail