Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail

Setelah liburan yang cukup panjang, tak terasa si kecil akan kembali ke sekolah lagi. Liburan dengan jangka waktu yang lama tak jarang membuat anak merasa kurang bersemangat serta memiliki rasa khawatir akan hal-hal baru yang akan dihadapinya nanti, seperti guru yang berbeda, teman-teman sekelas yang berbeda dan pelajaran baru. Dengan beberapa persiapan, orangtua dapat membuat anak semangat sekolah lagi kok. Bagaimana caranya? Simak ulasan berikut yuk!

  1. Menyiapkan kebutuhan sekolah

Ajak anak untuk mengecek kembali peralatan sekolahnya. Orangtua bisa meminta anak untuk memastikan kelengkapan alat tulisnya, mencuci tas atau sepatunya. Jika peralatan sekolahnya sudah habis pakai atau rusak, belilah peralatan sekolah tersebut dari jauh hari sebelum anak masuk sekolah. Yang terpenting, ajarkan anak untuk dapat menjaga peralatan sekolah dengan baik, sehingga setiap masuk tahun ajaran baru orangtua tidak harus selalu membelikan anak barang-barang yang baru, jika memang tidak dibutuhkan. Mempersiapkan kebutuhan sekolah secara terperinci akan membuat anak merasa siap untuk memulai hari baru di sekolah.

  1. Membiasakan anak kembali dengan rutinitas

Biasanya, libur panjang membuat rutinitas anak menjadi tidak teratur. Tidur terlalu larut, bangun terlalu siang dan waktu bermain yang cukup lama akan membuat anak akan merasa “kaget” jika tidak dibiasakan dari jauh-jauh hari sebelum masuk sekolah. Mulai membiasakan anak untuk melakukan rutinitas sesuai jadwal yang telah dilakukan sebelumnya akan membuat anak lebih mudah menyesuaikan diri kembali serta memahami bahwa segala sesuatu itu ada waktunya.

  1. Membangun aktivitas dan komunikasi yang positif

Saat liburan, usahakan untuk mengisi waktu anak dengan aktivitas yang bermanfaat sehingga anak tidak begitu saja melupakan proses pembelajaran. Misalnya membuat kue bersama anak, yang mana anak akan belajar sains dan matematika juga didalamnya, seperti mentakar bahan-bahan makanan, membedakan tekstur zat cair, padat, kental dan sebagainya.

Selain itu beberapa hari sebelum masuk sekolah, ajaklah anak mengobrol tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan pelajaran atau sekolahnya. Misalnya mengingatkan anak untuk mau bergaul dengan teman-teman barunya atau membicarakan tentang pelajaran yang akan anak pelajari selanjutnya. Pastikan untuk membicarakan hal-hal yang positif dengan cara yang menyenangkan, ya.

Semoga bermanfaat ayah bunda, Happy Parenting 🙂

Penulis: Amelia Ajrina, S.Psi

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail