Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail

Bagaimana liburan kali ini…seru tidak??kemana aja kalian habiskan masa liburan ini?ya..itu sedikit pertanyaan yang biasa dilontarkan ketika anak – anak masuk kembali ke sekolah usai libur panjang. Dan disini akan dibahas salah satunya yaitu membaas tentang liburan.

Setelah melewati masa – masa belajar, kini saatnya kita berlibur. Banyak sekali tempat – tempat yang bisa dikunjungi. Namun sebagai orang tua kita harus bijak dalam memilih tempat – tempat yang harus dkunjungi. Tidak hanya dengan bersenang – senang tapi yang bisa menambah wawasan dan pelajaran bagi anak. Karena kebanyakan dari anak – anak sekolah, jika telah masanya liburan maka mereka akan melupakan masalah pelajaran yang telah membuat mereka jenuh dengan aktifitas sekolah. Oleh karena itu orang tua harus bisa mengatasi itu. Dimana selain liburan untuk bersenang – senang, orangtua harus bisa mengisi liburan untuk anak – anak dengan kegiatan yang positif, kegiatan – kegiatan yang bisa menambah pengetahuan dan keberanian anak – anak.

Jadi, saat liburan tidak identik dengan kegiatan bersenang – senang saja tapi anak juga bisa berlibur sambil belajar. Terutama bagi anak yang mempunyai gangguan sensori motoriknya. Orang tua bisa mengajak anak untuk bisa mengisi liburan dengan cara belajar melatih sensori motorik mereka. Kegiatan sensori yang bisa dilakukan saat liburan seperti bermain pasir. Ini dapat dilakukan dengan berkunjun ke daerah pantai. Orang tua juga bisa mengajak anak ketempat – tempat wisata yang memiliki fasilitas outboun atau fatilitas yang mendukung anak dalam melatih sensori motoriknya seperti hiking, bercocok tanam, ataupun berkuda.

Namun bagi orang tua yang tidak mau keluar rumah karena ribetnya dengan kemacetan yang terjadi bisa mencari ide untuk mengisi liburan si anak. Agar liburannya tidak menjadi momen yang menyedihkan, membosankan bahkan terlewat begitu saja tanpa adanya aktifitas atau pembelajaran yang menunjang kemampuan anak.

Oleh karena itu bagi orang tua yang ingin mengisi liburan tanpa harus pergi ke tempat – tempat hiburan atau tempat wisata baiknya bisa memanfaatkan waktu liburan ini untuk belajar edukasi secara pengaplikasian dalam kehidupan sehari – hari dengan mengisi kegiatan yang mendorong anak untuk bisa lebih mandiri dan mampu dalam sensor motoriknya. Seperti bersepeda, berlari pagi, atau bisa dilakukan di rumah seperti menanam bunga diperkarangan rumah, bersih – bersih atau mengangkat belanjaan yang dikira – kira anak mampu sesuai dengan kemampuannya.

Selain itu, liburan juga bisa diisi dengan cara menyalurkan hobi dan bakat si anak. Misalkan anak yang suka berenang bisa diajak ke tempat permainan yang ada kolam renangnya. Apalagi sekarang sudah banyak tempat hiburan yang menawarkan wahana permainan air. Jadi tempat yang dikunjungi pun tidak hanya 1 tempat tapi bisa berpindah – pindah. Namun untuk melatih kemampuan anak dalam berenang tetap dibutuhkan seorang pelatih yang tepat dan konsisten dalam 1 tempat.

Nah..itulah beberapa kagiatan yang bisa dilakukan orang tua dalam mengisi  waktu liburan. Semoga saat kembali kesekolah anak sudah memiliki kemampuan yang lebih dan pengalaman yang tidak dilupakan oleh si anak.

 

Penulis: Dicky age tresna

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail