Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail

Seperti yang sudah Ayah Bunda telah ketahui, bahwa setiap bertambahnya usia semua manusia pasti akan mengalami peningkatan kemampuan dalam bertahan hidup. Tidak hanya saat dewasa, peningkatan kemampuan bertahan hidup pun dimulai dari sejak dini. Secara alami anak bayi akan melalui beberapa tahap:

  1. Tengkurap
  2. Merangkak
  3. Merambat
  4. Berjalan
  5. Berlari

Tak hanya motorik dan fisiknya yang berkembang tapi juga kognitif dan softskill nya pun berkembang.
Perkembangan fisik terjadi seiring dengan berjalannya waktu. Sedangkan perkembangan motorik, kognitif dan softskill akan berkembang menjadi lebih baik jika kita sebagai orangtua atau orang dewasa mau membimbing, menemani dan mengarahkan anak kita agar menjadi lebih baik.
Perkembangan motorik dapat ditingkatkan dengan stimulus berupa kegiatan bermain, baik kegiatan yang dilakukan sambil duduk, berdiri ataupun berlari termasuk permainan yang melibatkan jari jemari.
Perkembangan kognitif, kita dapat memberikan stimulus dengan memberikan pengertian-pengertian mengenai sebab dan akibat, mengenalkan konsep-konsep dasar seperti berhitung.
Perkembangan softskill (perilaku) dapat ditingkatkan dengan membiasakan anak untuk berprilaku sesuai dengan norma-norma yang berlaku di lingkungan kita, meningkatkan kepedulian terhadap diri sendiri, keluarga maupun kepedulian terhadap lingkungan juga merupakan salah satu kemampuan softskill yang perlu ditanamkan dan dikembangkan dalam diri anak.

Penulis: Eni Rosintan, S.Pd.I

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail