Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail

Iya pelukan… suatu perbuatan yang ringan pengerjaannya tapi besar pengaruhnya terhadap kehidupan keluarga. Tak hanya mempererat hubungan antar suami dan istri, tapi juga memiliki peranan besar bagi perkembangan anak-anak. Dengan pelukan, akan menjaga ikatan batin dengan setiap anggota keluarga. Yang pada zaman sekarang ini sangat dibutuhkan mengingat banyaknya aktivitas yang dilakukan oleh tiap-tiap anggota keluarga.

Mulai dari ayah yang bekerja dari pagi sampai malam untuk memenuhi kebutuhan keluarga yang meskipun beberapa diantaranya bukan hal yang penting. Ibu yang juga bekerja untuk menambah pundi-pundi keluarga. Anak-anak yang sekolah dari pagi sampai sore dan terkadang dilanjutkan dengan bimbingan belajar di tempat lain. Hal yang sama terjadi berulang berulang dan berulang. Sampai-sampai  tanpa disadari ikatan antara anggota keluarga hilang.

Tentu saja hal ini akan berimbas pada suasana rumah yang kurang nyaman untuk tiap-tiap anggota keluarga. Tak hanya hubungan antara suami dan istri tapi juga pada hubungan antara anak dan orangtua. Anak-anak yang dimasa tumbuh kembangnya membutuhkan pendampingan dan bimbingan dari orang dewasa. Pendampingan dan bimbingan yang dibeikan sejak awal untuk membentuk perilaku, dan karakter juga kemampuan dirinya untuk mampu menjalani kehidupan sehari-hari. Mulai dari kesadaran akan pemenuhan kebutuhan dirinya sebagai seorang makhluk hidup yang membutuhkan makan, minum, istirahat dan kebutuhan dasar lainnya. Kesadaran akan pentingnya berinteraksi dengan lingkungan sekitar, seperti saudara, tetangga bahkan orang lain yang sudah dikenalnya ataupun untuk oranglain yang belum dikenalnya.

Jadi, mulai biasakan diri kita untuk memeluk orang-orang yang kita sayangi terutama anak-anak kita. Anak-anak yang nantinya akan menjadi penerus kita.

Penulis: Penulis: Eni Rosintan, S.Pd.I

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail