Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail

Libur telah usai, kini saatnya kembali ke sekolah. Tahun ajaran baru akan segera dimulai. Segala persiapan keperluan sekolah pastinya sudah di persiapkan oleh orangtua untuk anak tercinta. Bagi orang tua  terutama sang ibu yang baru akan memasukkan anaknya kesekolah pasti ada rasa khawatir dengan hari pertama sekolah sang anak. Banyak kekhawatiran orangtua yang muncul seperti takut anaknya menangis, tidak bisa besosialisasi dengan teman dan masih banyak kekhawatiran lainnya.

Bagaimana dengan persiapan orangtua yang memiliki anak dengan autisme? Apakah persiapan yang di lakukan sama dengan anak yang lain? Atau hanya sekadarnya saja yang penting ada status bagi anak? Namun pertanyaan  yang terpenting adalah perlukah anak dengan autisme  bersekolah?

Bagi orangtua dari anak dengan autisme, memang persiapan yang dilakukan tidak seperti anak normal yang lain karena tergantung dari kebutuhan anak. Jika sang anak tingkat kesulitannya tinggi, biasanya persiapan orangtua adalah mencari sekolah yang memiliki fasilitas sesuai dengan kebutuhan anak. Namun jika kemampuan sang anak sudah cukup baik maka orangtua bisa mencari sekolah yang bersifat inklusi. Dalam mencari sekolah bagi anak dengan autisme, biasanya ada perbedaan pendapat antara kedua orangtua.  Disinilah peranan orangtua sangat penting karena harus memilih sekolah bagi anak dengan autisme demi perubahan dan kebaikan anak. Jadi dapat disimpulkan bahwa seorang anak dengan autisme perlu bersekolah. Pertanyaan yang muncul selanjutnya adalah, sekolah yang bagaimanakah yang cocok bagi anak dengan autis?

Sebelum mencari sekolah ada beberapa hal yang harus dipersiapkan oleh orangtua ketika memasukkan anaknya kesekolah diantaranya:

  1. Siap mental

Orangtua yang akan memasukkan anaknya ke jenjang sekolah harus mempersiapkan mentalnya, karena akan banyak sikap yang harus dilakukan atas berbagai kebijakan dengan masuknya anak dengan autisme ke sekolah. Akan ada penolakan dari orantua lain dengan kehadiran anak dengan autisme di dalam kelasnya, karena dianggap akan menganggu proses pembelajaran. Belum lagi ketakutan akan adanya bullying dari teman – temannya.

  1. Memilih sekolah yang tepat

Para orangtua biasanya akan sibuk mencari sekolah bagi anaknya karena mereka harus melihat kebutuhan anak dan fasilitas yang disediakan dari pihak sekolah.  Oleh karena itu bagi orangtua yang ingin mencari sekolah, carilah sekolah yang bisa menunjang kemajuan anak dan gali informasi mendetail tentang program yang ada di sekolah tersebut

  1. Pertimbangkan jarak sekolah

Satu hal yang harus di perhatikan orangtua ketika memilih sekolah untuk anak dengan autisme adalah jarak sekolah dan rumah. Jika jaraknya terlalu jauh akan membuat anak merasa kelelahan dan dapat mengakibatkan anak mudah tantrum serta adanya gangguan perilaku anak.

Pada dasarnya persiapan yang di perlukan orangtua yang memiliki anak dengan autisme hampir sama dengan orangtua lainnya. Hanya saja untuk anak dengan autisme, orangtua harus dapat lebih teliti agar perkembangan sang anak dapat terwujud secara tepat. Selain hal – hal yang telah disebutkan di atas, orangtua juga perlu memperhatikan kebutuhan sang anak seperti program terapi yang harus diikuti sang anak.

Semoga bermanfaat. Happy Parenting 🙂

Penulis: Dicky Age Tresna, S.Pd

picture by: <a href=”https://www.freepik.com/free-photo/girl-with-a-big-smile-in-a-classroom_852690.htm”>Designed by Freepik</a>

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail