Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail

Memilih sekolah untuk saat ini bukanlah hal yang mudah, apalagi dengan tawaran sekolah yang beraneka ragam. Walaupun tahun ajaran baru masih setahun lagi, tapi pendaftaran sekolah sudah akan dimulai beberapa bulan lagi. Beberapa orangtua sudah memiliki referensi sekolah, beberapa orangtua lainnya tampak masih bingung dalam memilih sekolah dengan banyak pertimbangan.

Berikut beberapa hal yang dapat menjadi pertimbangan orangtua dalam memilih sekolah, antara lain:

  1. Sesuaikan dengan tahapan perkembangan dan kebutuhan psikologis anak. Pilihlah sekolah yang dapat mendukung kemampuan anak yang cenderung lebih aktif, kurang konsentrasi dalam belajar, atau yang lebih mudah memahami materi dengan metode mendengarkan.
  2. Sesuaikan antara visi-misi sekolah dengan tujuan pendidikan orangtua. Pada visi dan misi sekolah dapat terlihat tujuan pendidikannya apakah sudah sesuai dengan tujuan pendidikan orangtua terhadap anaknya. Apakah sekolah tersebut bertujuan sama dengan harapan orangtua yang dapat menciptakan anak dengan nilai akademik yang bagus saja, atau juga mampu mengembangkan kemampuan anak di bidang lainnya.
  3. Jarak sekolah. Jarak sekolah yang jauh dari rumah akan membuat anak menghabiskan waktu lebih lama di jalan sehingga membuat anak kelelahan. Hal tersebut dapat mempengaruhi konsentrasi anak pada pelajaran di sekolah, anak tidak memiliki waktu bermain dan istirahat.
  4. Biaya sekolah. Pada kenyataannya, biaya sekolah menjadi salah satu pertimbangan orangtua. Biaya yang akan dikeluarkan tidak hanya pada saat diawal pendaftaran namun akan terus rutin setiap bulannya, bahkan biasanya akan ada biaya tak terduga seperti biaya buku, kegiatan field trip, dll.
  5. Kondisi sekolah. Kondisi sekolah pun harus menjadi pertimbangan orangtua, baik kondisi di lingkungan sekolah maupun di sekitar sekolah. Kondisi sekolah akan dapat mempengaruhi anak dalam hal konsentrasi terhadap pelajaran, kesehatan maupun dalam hal sosialisasi.
  6. Jenis sekolah. Ada beberapa jenis sekolah yang ditawarkan oleh berbagai institusi pendidikan, misalkan sekolah nasional, sekolah swasta, sekolah berbasis agama, sekolah alam, homeschooling, atau sekolah internasional. Pahami kelebihan dan kekurangan sekolah tersebut dan sesuaikan dengan kebutuhan anak.
  7. Ajak anak memilih sekolahnya. Anak akan melalui 3-6 tahun untuk belajar di satu sekolah, maka ajaklah anak untuk berdiskusi dan memilih sekolah yang menurut anak nyaman baginya.

Lalu bagaimana memilih jenis sekolah yang seusai dengan kebutuhan anak? Jangan lewatkan artikel-artikel selanjutnya yang akan membahas jenis-jenis sekolah.

So happy parenting, smart parents.

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail