Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail

Hai ayah bunda, baik yang pekerja atau hanya ibu rumah tangga ataupun juga yang bekerja di rumah, sudahkan hari ini memperhatikan anak anda? Jika belum, coba luangkan waktu untuk memperhatikan anak anda. Jika sudah memperhatikan anak anda, pertanyaan berikutnya adalah apakah sekarang anda mengetahui apa yang anak anda butuhkan?

Banyak hal-hal yang dibutuhkan oleh anak anda, tak hanya harta, ada aspek lain yang lebih dibutuhkan oleh anak anda. Mulai dari yang bersifat abstrak/psikis juga yang bersifat kongkrit/fisik. Kebutuhan yang bersifat abstrak atau psikis antara lain perhatian, kasih sayang, menanamkan pemahaman-pemahaman yang dapat membentuk pribadi yang baik, mulai dari bertanggung jawab, toleransi, tolong menolong, disiplin dan hormat menghormati. Sedangkan untuk kongkrit atau fisiknya antara lain aktivitas-aktivitas untuk pemenuhan motorik halusnya, aktivitas-aktivitas untuk pemenuhan motorik kasarnya, aktivitas-aktivitas yang dibutuhkan untuk menumbuhkan kemampuan berinteraksinya dan masih banyak yang lainnya.

Hanya ingin mengingatkan, bahwa kita tidak selamanya menemani anak-anak kita. Kita tidak akan terus dan terus menyediakan apa yang dibutuhkan oleh anak kita dan kita tidak akan selalu ada disamping anak kita. Oleh karna itu, alangkah baiknya jika kita mempersiapkan sejak dini apa yang anak kita butuhkan untuk menjalani hidupnya. Kemampuan yang dibutuhkan saat usianya bayi, balita, anak-anak, remaja bahkan sampai dewasa nanti. Kemampuan inilah yang akan membuatnya kuat dalam menjalani hidupnya, kuat melalui rintangan-rintangan yang akan dihadapinya bahkan menuntunnya menggapai kesuksesan nantinya.

Semua itu kembali lagi kepada kita,  orang yang memberikan fondasi untuk kehidupannya di masa-masa yang akan datang, orang yang menemani di kesehariannya yang tidak akan selamanya ada di sampingnya, orang yang nantinya akan memiliki kontribusi dalam kesuksesannya. Orang tersebut adalah kita, kita orangtuanya. Orangtua yang tidak hanya melahirkan, merawat atau memberikan harta tapi juga mengajarkan dan mendidik anak kita agar menjadi manusia yang sukses baik secara fisik maupun secara psikis.

Penulis: Eni Rosintan, S.Pd.I

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail