Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail

Anak terlahir kedunia ini, tidak lain adalah untuk disayangi, dikasihi, diberi perhatian terutama dari kedua orang tuanya. Seperti apapun keadaan anak kita, bagaimanapun kondisinya sekarang, sudah sepatutnya sebagai orang tua kita harus memberikan segala haknya sebagai anak.

Apapun yang terjadi pada anak adalah tanggung jawab orang tua yang harus tetap memberikan dukungan dan himbauan yang baik untuk masa depannya. Sebagai orang tua berkewajiban penuh atas semua kebutuhannya, baik fisiknya dan juga psikisnya. Sebagai orang tua wajib memberi makan makanan yang bergizi pada anak, memberikan dia sarana pendidikan dan yang paling penting adalah memberikan kasih sayang.

Pemenuhan hak anak untuk dicintai dan disayangi sebaiknya dilakukan secara adil dan cukup, tidak kurang maupun berlebihan. Kurangnya kasih sayang orang tua akan membuat anak merasa tidak diterima, rendah diri, dan tidak bahagia. Sedangkan kasih sayang yang berlebihan akan membuat anak menjadi tidak mandiri, manja dan memiliki kontrol diri yang buruk.

Anak yang hidup dalam lingkungan kurang kasih sayang biasanya akan menunjukan hal-hal  yang buruk kepada kita sebagai orang tua. Dan apa saja dampak buruk bagi anak karenat kurangnya kasih sayang dari orang tua??

 

Kerap Melakukan Tindak Kekerasan

Anak-anak belum begitu memahami hal yang baik dan hal yang tidak baik, jika anak hidup dalam lingkungan yang kurang mendapatkan kasih sayang atau pengarahan dari orang tua, maka anak akan melakukan hal-hal yang ada dipikirannya, seperti sering membuat masalah baik dirumah atau disekolahnya, melakukan tindak kekerasan terhadap temannya dan lain sebagainya. Dengan harapan jika dia melakukan hal-hal tersebut akan ada banyak orang yang memperdulikannya, terutama orang tuanya.

 

Menjadi Pribadi yang Acuh dan Tidak Peduli

Secara tidak langsung orang tua yang kurang memberikan kasih sayang pada anaknya, sama saja sedang memberi pelajaran padanya. Sehingga anak dapat tumbuh menjadi pribadi yang acuh dan tidak dapat memberikan bentuk kasih sayang pada siapapun, karena dalam hidupnya diapun tidak pernah merasakan bagaimana di sayangi, bagaimana rasanya diperhatikan. Hal ini akan terus berlanjut sampai dia dewasa dan akhirnya memiliki sikap yang angkuh, tidak mau berbagi, tidak pandai bersosialisasi dan yang pasti diapun akan sama acuhnya kepada kita selaku orang

 

Memiliki Rasa Percaya Diri yang Rendah

Siapa yang bisa mengajari anak untuk bisa memiliki rasa percaya diri kalau bukan orang tuanya. Namun ketika seorang anak tidak bisa mendapatkan perhatian dari kedua orangtuanya, tentu dia tidak bisa mempelajari apa itu kepercayaan diri. Anak justru akan menjadi pribadi yang tertutup, yang sulit membuka diri, susah bergaul dan selalu menyimpan rasa ketidaknyamanan dalam benaknya sendiri.

 

Hidup Dalam Ketakutan dan Kecemasan

Kasih sayang akan membuat anak merasa diperhatikan, merasa berarti sehingga secara tidak sengaja menumbuhkan rasa yang kuat untuk bisa menjadi pribadi yang pemberani. Berani berkomentar ini itu, berani mengungkapkan kekesalan akan sesuatu, karena anak tahu orang tuanya pasti akan menaggapinya. Lain halnya dengan anak yang kurang kasih sayang dari kedua orang tuanya, dia akan tumbuh menjadi anak yang penakut, dan pendiam. Tidak mau berkomentar karena yang ada dalam pikirannya hanya ketakutan dan rasa cemas yang berlebihan. Anakpun akan berpikir seandainya dia mengungkapkan perasaannya, maka orang tuanyapun tidak akan memperdulikannya.

 

Merasa Dirinya Tidak Penting

Saat anak mencoba untuk meminta perhatian anda sebagai orang tua, namun karena berbagai urusan yang membuat anda tidak bisa  memberikan hal tersebut pada anak. Maka dari situlah anak mulai merasa bahwa dirinya itu tidak berarti di mata orang tuanya. Anak tidak hanya membutuhkan banyak mainan, banyak kesenangan dan lain sebagainya, yang terkadang sengaja di berikan orang tua secara berlebihan sebagai pengganti ketidakhadirannya di dalam hari-harinya. Yang dimaksudkan mampu memberikan kesenangan pada anak, namun tahukah kita, bahwa anak kita membutuhkan segala bentuk kasih sayang yang nyata dari kita sebagai orang tua. Dia membutuhkan tangan yang bisa mengusap rambutnya, dia juga membutuhkan tubuh yang bisa memeluknya dengan hangat.

 

Orang tua menjadi sosok yang sangat berperan bagi terpenuhinya kebutuhan anak. Yang mana ibu diharapkan mampu memberikan kasih sayang yang bersifat memberi kehangatan, menumbuhkan rasa diterima dan menanamkan rasa aman. Sedangkan kasih sayang ayah berguna untuk mengembangkan kepribadian, menanamkan disiplin, memberikan arah dan dorongan agar anak berani dalam menghadapi kehidupan.

Happy Parenting Ayah Bunda….

Penulis: Qonita Aulia Annisa, S.Psi

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail