Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail

multiple-intelligences-learning-stylesPernah ngga sih parents berpikir “Kok anakku susah banget diajarin membaca, padahal teman-teman kelasnya sudah bisa membaca.” atau “Kok anakku nilai matematikannya masih aja rendah padahal udah ikut les.”

Parent, coba kenali potensi yang dimiliki anak anda. Tidak selamanya anak yang memiliki usia yang sama, tingkat pendidikan yang sama, berjenis kelamin sama juga memiliki kemampuan yang sama. Tidak selamanya juga kemampuan anak diukur dari nilai-nilai akademiknya saja. Mari kenali Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence) pada anak!

Multiple Intelligence adalah kumpulan kemampuan, bakat atau keterampilan mental yang dimiliki oleh setiap individu. Konsep dari multiple intelligence tidak lepas dari unsur biologis dari setiap aspek dalam kemampuan individu. Selain itu budaya memiliki faktor penting dalam menyatakan pandangan atau perasaan seseorang. Ada sembilan macam kecerdasan manusia yang termasuk sebagai Multiple Intelligence, antara lain bahasa (linguistic), musik, logika-matematika, spasial, kinestetik tubuh, intrapersonal, interpersonal, naturalis dan eksistensial.

Berdasarkan multiple intelligence tersebut diharapkan agar kelak dapat membantu sekolah-sekolah untuk mengakomodasi setiap siswa dengan berbagai macam pola pikir yang unik. Dan yang perlu parents ingat bahwa semua anak terlahir cerdas dan berbakat. Kalau anda merasakan hal yang sebaliknya, akan lebih baik jika anda berdiskusi dengan psikolog anak dan bersama-sama pahami kelebihan-kelebihan anak anda.

Happy Parenting.

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail