Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail

Beberapa dari kita tentu ingin mengakrabkan diri dengan anggota keluarga seperti ibu, ayah, anak bahkan pasangan karena padatnya  jadwal kesibukan masing-masing diluar rumah. Namun, tidak sedikit yang merasa putus asa karena tujuan itu tidak berhasil meski telah mencobanya berulang-ulang. Bagaimanapun situasi keluarga kita, berikut adalah beberapa tips agar memiliki hubungan yang lebih baik dengan keluarga.

Membangun komunikasi yang lebih baik

Komunikasi adalah hal yang sangat penting didalam keluarga untuk dapat terus memahami perasaan satu sama lain. Jika situasi tidak memungkinkan untuk menjalin komunikasi yang efektif secara teratur, carilah waktu dengan keluarga untuk berbincang-bincang dan menanyakan kabar satu sama lain. Hal ini bisa dilakukan dengan makan malam bersama beberapa kali dalam seminggu.

Berlibur

Tingkatkan keterlibatan seluruh anggota keluarga dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan salah satunya berlibur supaya pikiran fresh dan fun lagi. Hal ini penting untuk membangun keluarga yang sehat!

Belajar

Keluarga adalah tempat untuk mempelajari nilai-nilai keterampilan dan perilaku positif. Keluarga yang kuat dapat mengelola mengendalikan pengalaman belajar mereka. Seperti dapat membangun keteladan dalam kehidupan sehari-hari, memilih program tevelisi yang sesuai untuk keluarga dan membimbing anak-anak saat beraktivitas di luar rumah.

Mendengarkan

Mendengarkan merupakan hal yang tidak mudah. Keterampilan mendengarkan yang efektif tidak hanya dalam mengembangkan hubungan tetapi juga efektif dalam menghindari konflik. Belajar untuk lebih banyak mendengarkan sangat penting agar kita dapat memahami karakter setiap anggota keluarga. Misalnya ketika orangtua, pasangan atau anak sedang menceritakan hal-hal yang ia alami saat hari itu, ada baiknya kita mendengarkan dan memahami perasaan mereka. Hentikan aktivitas sejenak, matikan TV dan tinggalkan handphone, mulailah dengarkan ia baik-baik dan berikanlah feedback agar ia merasa di hargai.

Menunjukkan kasih sayang

Cinta dan kasih sayang kepada keluarga tentu harus diekspresikan. Tidak harus dengan cara yang berlebihan, namun dengan memberikannya perhatian, memberi kejutan dan penghargaan di saat hari-hari penting anggota keluarga atau membantu jika ada yang mengalami kesulitan merupakan bentuk suatu cinta. Selan membuat anggota keluarga senang, kegiatan semacam ini akan menambah keharmonisan keluarga.

 

Penulis : Amelia Ajrina, S.Psi

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail