Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail

Kenali-Penyebab-Anak-Pemalu-dan-Cara-MengatasinyaSeringkali kita melihat anak sangat percaya diri jika diminta untuk beraksi di dalam rumah, namun ketika di sekolah ketika diminta untuk tampil di depan kelas tampak menjadi anak yang pemalu dan kurang percaya diri. Padahal kita mengetahui bahwa anak kita mampu dan memiliki bakat. Lalu apa yang bisa kita lakukan sebagai orangtua untuk menghadapi problematika tersebut.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi anak yang kurang percaya diri.

  • Rasa percaya diri pada anak bisa dilatih sejak dini dengan menerapkan pola asuh yang dapat menumbuhkan rasa percaya diri di dalam diri mereka. Rasa percaya diri pada anak dapat ditumbuhkan dengan memberikan kepercayaan pada anak sehingga anak akan yakin dengan kemampuannya sendiri.
  • Bonding/kedekatan orangtua dengan anak sangat diperlukan. Menjaga kedekatan dengan buah hati merupakan salah satu cara dalam membentuk dan menumbuhkan rasa percaya diri pada anak. Perbanyaklah interaksi dengan anak.
  • Anak diberikan kesempatan untuk dapat bereksplorasi sesuai tahap perkembangannya.
  • Tidak memberi label pada anak bahwa anak anda pemalu, anak anda tidak bisa apa-apa, anak anda jago kandang, dsb. dengan menyebutkan label tersebut di depan anak atau di depan umum, karena akan membuat anak memiliki rasa percaya diri yang rendah (minder).
  • Selalu memberikan motivasi kepada anak pada saat ia melakukan hal-hal yang diminatinya. Dukungan dari orang terdekat akan membuat anak semakin percaya diri dan tidak minder.
  • Berikan pujian, pelukan, ciuman, tepuk tangan atau belaian ketika anak mampu melakukan tugasnya dengan baik dan telah berani untuk tampil.
  • Pada lingkungan sosial, terkadang ada aturan yang harus diikuti. Menerapkan sikap disiplin sejak dini pada anak akan menumbuhkan rasa percaya diri pada anak ketika anak berada di lingkungan sosial, karena anak tidak merasa tertekan dengan aturan yang ada sehingga anak lebih mudah bergaul dan berinteraksi dengan orang lain.

Memiliki kepercayaan diri bukan hanya dilihat dari sisi anak berani tampil di depan umum, namun ketika anak memiliki kepercayaan diri maka ia akan mampu untuk beradaptasi pada lingkungannya dan bersosialisasi dengan orang lain.

Happy parenting!

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail