Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail

Ayah Bunda mungkin sudah sering mendengar anak-anak yang berbicara lancar, namun belum dapat mengucapkan kata dengan benar atau jelas dan hal ini biasa disebut dengan sebutan cadel. Cadel pada umumnya terjadi pada anak di bawah usia 5 tahun. Hal ini sebenarnya wajar terjadi, karena anatomi lidah anak yang belum sempurna. Sebab itulah para balita sering terdengar tidak jelas ketika mengucapkan sesuatu. Dalam pengucapan kata-kata yang digunakan untuk berkomunikasi, artikulasi yang tepat sangat diperlukan. Sebabnya karena jika melafalkan suatu kata yang tidak sempurna, bunyi yang keluar tentu akan berbeda dengan arti sebenarnya.

Jika cadel terjadi pada anak balita, kasus seperti ini masih dianggap normal dan akan membaik seiring dengan pertambahan usianya. Namun kebanyakan anak biasanya sudah bisa berbicara dengan jelas pada usia 7 tahun keatas. Kalau anak masih juga terdengar cadel walaupun usianya sudah bukan balita lagi, maka hal tersebut perlu diselidiki lebih lanjut. Ketahuilah, bahwa masalah cadel yang tidak ditangani dengan tepat bisa terbawa hingga anak dewasa nanti.

Apa saja penyebab anak menjadi cadel? Anak yang masih menemui kesulitan mengucapkan kata-kata dengan jelas bisa saja merupakan akibat dari beberapa hal, diantaranya yaitu:

  1. Penggunaan dot atau empeng

Menggunakan dot atau empeng terlalu lama bisa membuat anak mengalami cadel, karena lidah anak terdorong ke depan dan berada di antara giginya. Kondisi demikian bisa membuat anak tidak jelas ketika mengucapkan huruf S dan Z.

  1. Kelainan Fisiologis lain

Cadel juga bisa disebabkan oleh kelainan fisiologis lain seperti kelainan pendengaran, otak, atau gangguan di wilayah mulut.

  1. Lingkungan dan Psikologis

Dalam kondisi ini, anak menjadi cadel bukan karena masalah perkembangan fisiknya, melainkan karena orang tuanya membiasakan berbicara dengan logat cadel dengan anak. Sehingga anak menganggap bahwa hal itu adalah cara berbicara yang normal untuk dilakukan.

Ada beberapa cara yang dapat Ayah Bunda lakukan di rumah untuk mengatasi anak cadel yang sekiranya disebabkan oleh faktor lingkungan atau psikologis, seperti:

  1. Diperlukan kerjasama seluruh anggota keluarga. Orang tua bisa meminta anggota keluarga lain untuk tidak mengajak anak berbicara dengan logat cadel lagi, melainkan berusaha mengajaknya bicara menggunakan pengucapan dan bahasa yang benar.
  2. Bantu anak mengucapkan kata yang benar ketika ia berbicara cadel. Gunakan kata – kata yang bijak agar anak tidak merasa malu ketika dikoreksi atau malah menjadi mogok mengucapkan kata – kata.
  3. Sering mengajak anak berbicara dengan menggunakan kata – kata yang benar setiap hari, sebagai cara meningkatkan kepercayaan diri pada anak bahwa ia bisa berbicara dengan tepat dan jelas.
  4. Pujilah anak ketika ia berhasil mengucapkan kata dengan benar sehingga anak termotivasi untuk terus berusaha memperbaiki artikulasinya sendiri.
  5. Bantu anak untuk melatih kekuatan motorik mulutnya, seperti menghisap dengan menggunakan sedotan, meniup gelembung sabun, atau meniup terompet.
  6. Jangan biasakan anak mengisap ibu jarinya, karena dapat memicu cadel. Mengisap ibu jari biasa dilakukan bayi  ketika bayi tidur tengkurap dan akan berlanjut sampai anak besar jika dibiarkan saja.

 

Semoga Bermanfaat yaa Ayah Bunda

Penulis: Qonita Aulia Annisa, S.Psi

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail